Emas Minggu Lalu dan Minggu Ini

348

Setelah menyentuh ketinggian selama 15 bulan, pasar emas mengakhiri minggu lalu dan bulan April dengan momentum yang signifikan, dan sentimen yang kuat menunjuk kenaikan yang berkelanjutan pada minggu ini.

Pada minggu lalu, emas dan perak berjangka naik ke ketinggian selama 15 bulan dengan dolar AS berada dalam tekanan.

Emas Comex bulan Juni naik $59.70 atau 4.8% menjadi $1,293.40 per ons, dan sempat berada di puncaknya di $1,299.

Perak Comex bulan Juli nai 86 sen atau 5% menjadi $17.89 per ons.

Metal menguat dengan dolar AS jatuh pada hari Jumat minggu lalu menjadi 106.642 Yen Jepang, greenback ini berada pada level terendah sejak bulan Oktober 2014. Sementara Euro naik menjadi $1.14600, tertinggi dalam dua minggu.

Setelah menyentuh ketinggian dalam sesi di $1,299 per ons, harga emas terus mempertahankan banyak dari kenaikannya pada hari Jumat minggu siap mengakhiri minggu dengan kenaikan lebih dari 4.7%, persentase kenaikan tertinggi sejak awal Februari. Dengan kekuatan emas yang terakhir ini, ada optimisme yang kuat di pasar bahwa harga emas bisa sampai pada kejutan $1,300.

Diantara investor ritel, ekspektasi tetap kuat bahwa harga emas bisa terus naik lebih tinggi. Dari 827 orang yang berpartisipasi di Kitco’s online gold survey, 604 atau 73% berkata mereka memperkirakan harga emas akan naik minggu ini. Sementara 130 orang atau 16% berkata mereka memperkirakan harga emas akan turun minggu ini dan 93 orang atau 11% netral.

Sentiment dikalangan investor relatif tidak berubah dari survei sebelumnya dimana 72% bullish terhadap harga emas.

Pergeseran yang besar terjadi dikalangan professional pasar. Minggu lalu 44% partisipan memperkirakan harga emas akan turun, namun survei yang terakhir menunjukkan mayoritas memperkirakan harga emas akan naik dalam jangka pendek.

Dari 36 expert di pasar yang dikontak, 21 merespon, dimana 15 profesional atau 71% berkata mereka bullish terhadap harga emas, sementara 5 profesional atau 29% berkata mereka bearish. Tidak ada yang berkata netral. Partisipan pasar termasuk bullion dealers, investment banks, futures traders dan technical-chart analysts.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here