Aktifitas Manufaktur AS April Melambat

861

Aktifitas manufaktur AS tumbuh pada laju yang lebih moderat pada bulan April karena sebagian adanya perlambatan pesanan baru, namun kenaikan pesanan ekspor mendekati tertinggi 1,5 tahun dan tanda penurunan kelebihan persediaan menawarkan harapan untuk sektor manufaktur.

The Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks aktivitas pabrik nasional merosot ke 50,8 bulan lalu dari pembacaan 51,8 pada bulan Maret. Meskipun musim gugur, bulan April menandai bulan berturut-turut ekspansi dan juga pembacaan kedua tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

united-states-business-confidence (2)

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi di sektor manufaktur, yang menyumbang 12 persen dari ekonomi AS. Para ekonom telah memperkirakan indeks manufaktur ISM turun ke 51,4 bulan lalu.

Manufaktur telah tertekan oleh pertumbuhan ekspor yang lemah yang berasal dari dolar yang kuat dan permintaan global yang lemah.

Sektor ini juga telah terpukul oleh pemotongan belanja yang agresif tanpa henti di sektor energi setelah terjunnya harga minyak tahun lalu. Upaya perusahaan untuk mengurangi kelebihan persediaan telah mengakibatkan pesanan pabrik lebih sedikit, yang mengarah ke penurunan lebih lanjut di sektor manufaktur.

Manufaktur bulan lalu kembali turun oleh pesanan yang diterima oleh pabrik-pabrik, yang turun 2,5 poin menjadi 55,8 persen. Produksi pabrik juga jatuh bulan lalu.

Sebuah penurunan bulanan berturut-turut ke-10 di persediaan menahan aktivitas manufaktur di bulan April, tetapi diwakili kabar baik untuk produksi pabrik masa depan. ISM mengatakan persediaan pelanggan mencapai sembilan bulan bulan lalu dan sekarang dianggap sebagai “terlalu rendah.”

Sebuah ukuran pesanan ekspor naik ke level tertinggi sejak November 2014, menunjukkan kenaikan permintaan global. Hal ini juga menunjukkan depresiasi dolar tahun ini terhadap mata uang mitra dagang utama Amerika Serikat mulai meningkatkan ekspor.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Pertumbuhan ekonomi melambat ke tingkat tahunan 0,5 persen pada kuartal pertama. Mengingat pasar tenaga kerja yang cukup kuat, yang diharapkan dapat meningkatkan belanja konsumen yang lamban, ekonom mengharapkan pertumbuhan produk domestik bruto untuk rebound pada kuartal kedua. Ekonomi tumbuh pada tingkat 1,4 persen pada kuartal keempat.

Dalam laporan terpisah, Departemen Perdagangan mengatakan belanja konstruksi meningkat 0,3 persen pada Maret ke level tertinggi sejak Oktober 2007, menyusul revisi ke atas 1,0 persen melompat pada bulan Februari. Pengeluaran konstruksi sebelumnya dilaporkan telah menurun 0,5 persen pada Februari.

Angka belanja konstruksi Februari yang revisi jauh lebih tinggi yang digunakan dalam estimasi GDP awal kuartal pertama pemerintah yang diterbitkan pekan lalu. Para ekonom memperkirakan pertumbuhan PDB untuk tiga bulan pertama tahun ini akan direvisi naik ke tingkat 0,7 persen.

Belanja konstruksi Maret didukung oleh lonjakan 1,1 persen pada konstruksi swasta, yang mencapai tingkat tertinggi sejak Oktober 2007. Belanja konstruksi Umum turun 1,9 persen pada Maret.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here