Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

432

Aktifitas di pabrik-pabrik Tiongkok menyusut pada April karena permintaan stagnan, memaksa perusahaan untuk memotong tajam pekerjaan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Selasa (03/05), yang kembali menimbulkan keraguan apakah negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut akan pulih.

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) turun menjadi 49,4 bulan lalu, di bawah ekspektasi pasar 49,9 dan turun sedikit dari bulan Maret 49,7.

china-manufacturing-pmi (3)

Indeks telah berada di bawah 50 poin tingkat netral yang menandai kontraksinya kegiatan sejak Maret 2015, meskipun tingkat penurunan mereda baru-baru ini, meningkatkan harapan bahwa kemerosotan berkepanjangan sektor ini mungkin akan keluar dari posisi terbawahnya.

Pesanan baru ekspor menyusut untuk bulan kelima berturut-turut, dan kira-kira pada tingkat yang sama seperti pada bulan Maret, sementara total pesanan baru dari dalam dan luar negeri tidak berubah.

Hal ini mendorong pemilik pabrik untuk memangkas produksi, meskipun sedikit, dan mengurangi pekerjaan pada tingkat yang lebih tinggi. Produksi mendekati wilayah kontraksi dengan pembacaan 49,9, turun dari bulan Maret 50,4.

“Semua kategori indeks menunjukkan kondisi memburuk secara bulanan, dengan produksi tergelincir kembali di bawah level netral,” demikian dinyatakan Dia Fan, kepala ekonom di Caixin, dalam sebuah catatan.

“Fluktuasi mengindikasikan ekonomi tidak memiliki dasar yang kuat untuk pemulihan dan masih dalam proses keluar dari batas bawah. Pemerintah perlu terus mencermati pada risiko penurunan ekonomi lebih lanjut,” kata Dia.

Tingkat pekerjaan turun untuk bulan ke-30 berturut-turut. Perusahaan dilaporkan mengurangi jumlah staf karena perusahaan menurunkan kebijakan dan penggantian pekerja yang keluar secara sukarela.

Tekanan inflasi juga meningkat pada bulan April. Tapi meskipun permintaan lamban, perusahaan mampu menaikkan harga jual yang mencerminkan biaya input yang lebih tinggi.

Survei Caixin terbaru dan survei pabrik Tiongkok resmi yang dirilis pada hari Minggu menyajikan gambaran yang lebih beragam.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok April Turun Tipis

Survei resmi menunjukkan aktivitas diperluas untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April tetapi hanya sedikit, meleset dari ekpektasi. Sedangkan produksi terus tumbuh moderat, pertumbuhan melunak dan pemotongan pekerjaan dipercepat.

Sementara survei Caixin lebih memfokuskan pada perusahaan swasta kecil dan menengah, pengukur manufaktur resmi memberikan bobot lebih untuk BUMN besar seperti pabrik baja, yang telah memperoleh dorongan baru dari pemulihan pasar properti dan rebound harga komoditas.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here