Awal Bursa Eropa Tertekan Kinerja Buruk Sektor Pertambangan Dan Otomotif

402

Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdagangan saham hari Selasa (03/05) tertekan kinerja buruk saham-saham pertambangan dan otomotif, juga pendapatan dari bank-bank besar termasuk UBS dan Commerzbank mengecewakan investor.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 memperpanjang kerugian pada perdagangan awal, turun lebih dari 1 persen, dengan semua sektor dalam zona merah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.199,40, turun -42,49 poin atau -0,68%

Indeks DAX berada pada posisi 9.962,46, turun -160,81 poin atau -1,59%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.385,76, turun -56,99 poin atau -1,28%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.866,90, turun -155,20 poin atau -1,72%

Lihat : Awal Bursa Eropa 2 Mei Bergerak Positif Mencermati Perkembangan Emiten

Bursa Eropa gagal untuk mendapatkan sentimen penguatan bursa Asia; pasar diperdagangkan mixed meskipun indeks manufaktur pembelian manajer (PMI) Tiongkok mengecewakan.

Indeks Caixin manufaktur PMI untuk bulan April turun menjadi 49,4 dari bulan Maret 49,7, menyusut untuk bulan ke-14 dan datang di bawah perkiraan Reuters untuk 49,9. Tingkat di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Saham sumber daya dasar terpukul merespon berita tersebut. Saham Anglo American trun 6,5 persen lebih rendah sementara saham Rio Tinto, Glencore dan BHP Billiton semua melemah tajam.

Tapi harga emas naik pada Selasa di tengah melemahnya dolar AS. Akibatnya, produsen emas Randgold Resources diperdagangkan lebih tinggi. Dan produsen emas lain, Fresnillo, kira-kira datar meskipun itu melaporkan bahwa mereka telah mencapai rekor produksi emas dan perak pada tahun 2015, dan mengatakan bahwa 2016 akan “melihat perubahan” setelah “tantangan operasional” tahun lalu.

Pelaku pasar di Australia juga mengamati dengan seksama Reserve Bank of Australia, yang memotong suku bunga sebesar 25 basis poin pada rekor terendah 1,75 persen.

Dalam berita lain Asia, Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan pada konferensi pers dari rebalancing ekonomi bergelombang di Tiongkok dan “guncangan lebih besar” dari pasar keuangan sebagai salah satu risiko utama mengaburkan prospek pertumbuhan untuk Asia, Reuters melaporkan.

Laporan pendapatan bank yang menjadi sorotan di Eropa pada hari Selasa.

HSBC melaporkan penurunan 18 persen pada laba sebelum pajak yang disesuaikan dengan $ 5430000000 pada kuartal pertama, dengan saham membalikkan keuntungan sebelumnya untuk perdagangan di zona merah.

Saham bank Perancis BNP Paribas rally setelah melaporkan kenaikan 10 persen laba bersih pada kuartal pertama, mengalahkan ekspektasi, namun divisi bank investasi terpukul dari lingkungan pasar yang bergejolak. Saham naik lebih dari 2 persen.

Bank Jerman, Commerzbank melaporkan laba bersih 163 juta euro ($ 188.000.000) untuk kuartal pertama tahun 2016, jatuh 52 persen secara tahunan, mengirimkan saham turun lebih dari 7 persen.

Laba kuartal pertama UBS disesuaikan sebelum pajak datang di 1,4 miliar franc Swiss ($ 1470000000), bank melaporkan pada hari Selasa, turun dari laba disesuaikan sebelum pajak sebesar 2,3 miliar franc Swiss pada periode yang sama di tahun 2015. Bisnis manajemen kekayaan menarik kuat arus masuk, tetapi mengatakan melihat volume transaksi rendah pada kuartal pertama sebagai klien menjadi lebih risk averse. Saham jauh di dalam wilayah negatif.

Saham produsen mobil Jerman BMW turun tajam setelah melaporkan penurunan 2,5 persen pada laba kuartal pertama sebelum bunga dan pajak (EBIT), meleset dari perkiraan pasar.

Maskapai penerbangan Jerman Lufthansa mengatakan memperlambat pertumbuhan kapasitasnya karena tekanan harga, menambahkan bahwa serangan di Brussels dan Paris mempengaruhi perilaku pesanan pelanggan. Operator melaporkan kuartal pertama rugi disesuaikan sebelum bunga dan pajak dari 53 juta euro dari hilangnya € 167.000.000 pada periode yang sama tahun lalu. Saham yang lebih dari 6 persen lebih rendah. Maskapai lain termasuk IAG dan Air France-KLM berada di wilayah negatif.

Di tempat lain, saham RSA Insurance Group naik tajam setelah Barclays menaikkan target harga untuk saham.

Tetapi perusahaan pengelolaan dana British saham Aberdeen Asset Management turun lebih dari 7 persen setelah melaporkan penurunan tajam dalam laba sebelum pajak untuk enam bulan hingga 31 Maret.

Saham layanan pengiriman makanan Just Eat rally dan salah satu pemain terbaik setelah menaikkan proyeksi setahun penuh.

Sore ini dirilis laporan Komisi Uni Eropa memangkas pertumbuhan ekonomi zona euro menjadi 1,6% pada tahun 2016, 1,8% pada tahun 2017.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah mencermati kinerja buruk laba emiten dan pemangkasan pertumbuhan ekonomi Eropa oleh Komisi Uni Eropa.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here