Harga Rumah Baru Tiongkok Mahal Pada Bulan April

608

Harga rumah Tiongkok terus tumbuh dari tahun sebelumnya dalam tempo yang cepat pada bulan April meskipun langkah-langkah pengetatan perumahan diperkenalkan di kota-kota besar, dua survei swasta menunjukkan.

Harga rumah baru di 100 kota bulan lalu naik rata-rata 9 persen dari tahun sebelumnya, sebuah jajak pendapat oleh perusahaan jasa properti China Real Estate Index System (CREIS) menunjukkan pada hari Minggu, mempercepat dari kenaikan 7,4 persen di bulan Maret.

Di sepuluh kota terbesar, termasuk Shenzhen dan Shanghai, harga rumah naik 14,4 persen dari tahun lalu, dibandingkan dengan 12,8 persen pada Maret. Kenaikan Shanghai dan Shenzhen datang meskipun pemerintah setempat memperketat persyaratan uang muka untuk rumah kedua dan meningkatkan kelayakan untuk non-penduduk pada akhir Maret.

Namun, dibandingkan dengan bulan sebelumnya, harga naik 1,5 persen pada April, survei menunjukkan, turun dari 2,5 persen pada Maret.

CREIS mengatakan volume transaksi rumah di Shenzhen dan Shanghai telah jatuh setelah pengetatan, dan diperkirakan kenaikan harga akan memperlambat di dua kota.

Sebuah survei terpisah dari Real Estate Information Corporation (CRIC) menunjukkan harga rata-rata di 288 kota terbesar naik 7,2 persen pada April dibandingkan dengan tahun sebelumnya, peningkatan dari kenaikan 5,6 persen pada Maret.

Pada basis bulanan, harga naik 1,5 persen bulan lalu, lebih cepat dari 1,2 persen pada Maret, kata CRIC, yang dimiliki oleh E-House China Holding Ltd (EJ.N), menunjukkan kota-kota kecil yang semakin membukukan keuntungan harga, dibantu oleh pengetatatn tindakan pemerintah.

Sementara harga properti di kota-kota Tiongkok papan atas sedang booming, harga di kota-kota kecil, di mana sebagian besar hidup penduduk perkotaan Tiongkok, masih melemah, menyulitkan upaya pemerintah untuk menyebarkan kesejahteraan lebih merata dan menangkap perlambatan pertumbuhan ekonomi.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here