Indeks Shanghai 3 Mei Berakhir Naik Terdorong Harapan Kenaikan Laba Emiten

436

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Selasa (03/05), indeks Shanghai berakhir naik 54,87 poin, atau 1,87 persen, ke 2993.20. Penguatan indeks Shanghai dipicu harapan investor untuk peningkatan laba perusahaan pada kuartal kedua.

Lihat : Indeks Shanghai 29 April Tertekan Pelemahan Ekonomi Dan Minyak Mentah

Investor Tiongkok mencermati pendapatan kuartal pertama perusahaan Tiongkok yang terdaftar di mana keuntungan tidak jatuh sebanyak yang ditakutkan. Analis mengatakan harapan bahwa ekonomi stabil dapat mendukung kenaikan laba kuartal kedua memberikan dukungan sentimen.

Keuntungan gabungan dari 2.837 perusahaan daratan yang terdaftar turun hanya 0,45 persen pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, sementara lebh 600 perusahaan, termasuk beberapa pembuat baja, telah memperkirakan mereka akan mengirim laba meningkat atau memperoleh laba selama semester pertama, China Securities Journal melaporkan pada hari Selasa.

Kenaikan pasa saham Shanghai mengabaikan pelemahan aktifitas manufaktur yang terjadi di Tiongkok.

Kekuatiran perkembangan ekonomi Tiongkok kembali muncul setelah data aktifitas manufaktur, baik data resmi pemerintah yang dirilis pada hari minggu, maupun data Caixin yang dirilis hari ini mengalami pelemahan.

Aktivitas sektor manufaktur Tiongkok tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April, namun turun tipis dibandingkan bulal sebelumnya, demikian survei resmi menunjukkan pada hari Minggu (01/05), meningkatkan keraguan tentang keberlanjutan kenaikan baru-baru ini di ekonomi negeri dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) membukukan hasil 50,1 pada bulan April, turun tipis dari bulan Maret 50,2 dan hampir di atas tanda 50-point yang memisahkan ekspansi dalam kegiatan dari kontraksi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok April Turun Tipis

Aktifitas di pabrik-pabrik Tiongkok menyusut pada April karena permintaan stagnan, memaksa perusahaan untuk memotong tajam pekerjaan, sebuah survei swasta menunjukkan pada hari Selasa (03/05), yang kembali menimbulkan keraguan apakah negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia tersebut akan pulih.

The Caixin / Markit Manufacturing Purchasing Managers (PMI) turun menjadi 49,4 bulan lalu, di bawah ekspektasi pasar 49,9 dan turun sedikit dari bulan Maret 49,7.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Kecil Menengah Tiongkok April Menyusut

Pada akhir perdagangan saham sore ini, saham-saham perbankan kapital besar menguat. Saham ICBC naik 0,43%, saham Bank Of China naik 0,6%, saham Bank Of Communications naik 1,12%, saham China Minsheng Bank naik 1,08%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah terbatas dengan masih munculnya kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2896-2792 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3090-3187.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here