UBER Siap Masuk Bursa New York, Bisnisnya Menguntungkan

658

Siapa diantara pembaca yang belum pernah mendengar nama layanan mobil sewa UBER, banyak warga Jakarta yang diuntungkan dengan kehadiran Uber. Hanya dengan hanya mengetuk smartphonenya, calon penumpang langsung dapat mengetahui mobil dan nama supir yang akan membawa dia ketempat tujuan, gampang dan nyaman. Tentu saja yang paling menjadi faktor penentu  adalah ongkos sewa yang lebih murah dibandingkan argo taksi biasa. Sebenarnya  inilah yang paling dicari pelanggan, harga murah, mobil bersih dan nyaman lalu supir yang ramah menjadikan perjalanan ditengah kemacetan jalan raya Jakarta menjadi lebih menyenangkan.  

Tahukan anda bahwa Uber didirikan oleh Garrett Camp dan Travis Kalanick di bulan Maret tahun 2009, dengan modal awal sebesar  USD 200.000. Di tahun 2010 Uber berhasil menambahkan modalnya sebesar USD 1,25 juta, prestasi  yang luarbiasa. Diawal 2012, Uber mulai merambah pasar dunia dan di tahun 2014, Klout menempatkan Uber kedalam jajaran 48 perusahaan raksasa di Amerika. Di akhir tahun 2015 kemarin, Uber diperkirakan akan bernilai USD 2,5 miliar.

uber1
 Travis Kalanick,co founder dan CEO Uber

Tidak mengherankan bila Uber saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi perusahaan yang terdaftar di Bursa Saham New York dan para investor-investor kaya sudah memesan saham Uber jauh sebelum tanggal IPO. Uber benar-benar telah mengeruk banyak keuntungan dari bisnis transportasi canggih.  Bila sampai akhir tahun 2015 kemarin perusahaan ini telah mencapai nilai USD 68 miliar maka perusahaan ini telah menjadi perusahaan yang lebih besar daripada Ford dan General Motors.
Grafik dibawah ini memperlihatkan tingkat pertumbuhan Uber Technologies Inc dibandingkan Ford dan General Motors.
 
Perusahaan ini resminya bernama Uber Technologies Inc, suatu perusahaan transportasi multinasional  Amerika yang berbasis jejaring online dan berkantor pusat di San Fransisco, California.  Perusahaan ini mengembangkan dan menguasai pasar mobil sewa melalui aplikasi online yang diunduh ke dalam smartphone pelanggan, konsep yang sangat sederhana.

Perusahaan ini mulai merambah ke negara-negara bagian diluar California sejak bulan Mei 2011 termasuk New York City, Chicago dan Washington DC.  Kota pertama di luar Amerika adalah Paris di bulan Desember 2011 dan berkembang pesat ke negara-negara lain di dunia sejak tahun 2012 dan 2013.
Uber hadir di Kanada di tahun 2012 dan ada 90 pengemudi yang bergabung di kota London, kemudian menyusul Sydney dan memasuki Singapura, Seoul, Johannesburg dan Cape Town di  tahun 2013. Tijuana di Mexico adalah kota yang dimasuki di bulan Juni 2014. Sampai Maret 2016, Uber telah hadir di 60 negara dan  404 kota di seluruh dunia.

Melewati tantangan yang berkaitan dengan legalitas negara-negara di seluruh dunia, Uber tetap maju menjadi calon perusahaan raksasa yang akan mencatatkan sahamnya di bursa paling bergengsi di dunia, New York Stock Exchange.
 
 
UBER di Indonesia
Masuk ke Indonesia di bulan Agustus 2014 yang lalu dan dalam laman resminya di www.uber.com/id tertulis, Sentuh aplikasinya, lakukan perjalanan.Uber adalah cara termudah untuk bepergian. Satu ketukan dan mobil langsung menuju Anda. Pengemudi Anda tahu persis harus ke mana. Dan Anda dapat membayar dengan uang tunai atau kartu.

uber2

Sesuai dengan slogan mereka yaitu “Where lifestyle meets logistics”, Uber melayani setiap pelanggannya dengan memenuhi kebutuhan terkini dari setiap calon penumpang, perjalanan yang nyaman dan menyenangkan dengan harga yang realistis.Bagi investor, keuntungan yang akan diperoleh dari pertumbuhan saham perusahaan yang memiliki prospek dimasa depan ini, sudah didepan mata.

 

 

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here