Konsumen Indonesia Optimis Menghadapi Kondisi Perekonomian

361

Bank Indonesia pada hari Rabu (04/05) merilis Survei Konsumen Indonesia yang memperlihatkan bahwa konsumen masih optimis terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2016 berada dalam level optimis, yaitu sebesar 109,0, meski sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 109,8.

Bank Indonesia menyatakan penurunan IKK terutama disebabkan oleh penurunan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE), khususnya persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini dan ketepatan waktu pembelian barang tahan lama.

indonesia-consumer-confidence (1)

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga masih meningkat pada Juli 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat naik 2,6 poin menjadi 174,0. Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi utamanya pada kelompok sandang dan kelompok bahan makanan seiring dengan perkiraan meningkatnya permintaan menjelang hari raya Idul Fitri.

Lihat : Ekonomi Indonesia Q1-2016 Tumbuh 4,92 Persen, Kuartal Kedua Akan Lebih Naik

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Oktober 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman 6 bulan mendatang diperkirakan lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here