Outlook Emas Minggu Ini

645

Pasar bullion naik lagi karena melemahnya dolar AS – yang terdevaluasi kebanyakan terhadap Yen dan Euro – menyusul pernyataan FOMC, yang kebanyakan positip terhadap ekonomi AS tetapi tidak memberikan tanda-tanda mengenai waktu dari kenaikan tingkat bunga yang berikutnya. BoJ juga memutuskan untuk mempertahankan tingkat bunganya tidak berubah, yang membuat pasar saham tertarik kebawah dan Yen tertarik keatas. Buat emas dan perak, berita ini membantu menaikkan harga mereka – dan juga harga-harga komoditi lainnya.

Minggu ini, laporan NFP akan menjadi pusat perhatian. Laporan yang lebih kuat daripada yang diperkirakan bisa memicu aksi jual metal berharga dan menahan pemulihan mereka belakangan ini. Laporan lainnya yang bisa menggerakan pasar bullion termasuk: order faktori AS, PMI manufaktur Cina dan AS, keputusan tingkat bunga RBA, dan PMI Non-manufaktur AS.

Menyusul jatuhnya USD, harga komoditi memperoleh keuntungan dari tren ini. Pada akhir minggu lalu harga emas dan perak naik 5% dan 5.4% berurutan. Tetapi pemulihan ini bisa terhenti jika laporan NFP yang akan datang menunjukkan laporan berikutnya yang kuat. Saat ini, pasar memperkirakan pertambahan 206.000 pekerjaan, jadi angka yang lebih tinggi dari ini akan bisa menurunkan harga bullion.

Tetapi harga tersebut bukan satu-satunya data yang ditunggu oleh pasar. Data yang lain adalah perubahan gaji yang memegang peranan yang penting dalam menentukan apakah FOMC bergerak memperhitungkan kenaikan tingkat bunga lagi.

Tetapi angka ini bukanlah data satu-satunya yang ditunggu oleh pasar. Data lainnya termasuk perubahan dari upah, yang memainkan peranan penting dalam memutuskan apakah FOMC bergerak kearah menaikkan tingkat bunga lagi. Jadi jika upah terus naik – sebagaimana pertumbuhan upah pada bulan lalu 2.3% setahun dan 0.3% perbulan – dengan kecepatan 2.3% atau lebih, hal ini bisa dianggap sebagai tanda yang positip buat kondisi pasar tenaga kerja AS.

Sebagai catatan samping, minggu ini anggota FOMC Bullard diperkirakan akan berbicara di County Economic Summit, di Santa Barbara pada hari Kamis sebelum laporan NFP muncul. Dia cenderung ingin menaikkan tingkat bunga makin cepat makin baik. Jadi komentarnya bisa mempengaruhi persepsi pasar tentang kemana arah tingkat bunga di AS.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here