Aktifitas Jasa Swasta Tiongkok April Melambat

369

Aktifitas Jasa Tiongkok tumbuh lebih lambat pada bulan April, pengukur swasta menunjukkan pada Kamis (05/05), menambah ketidakpastian arah ekonomi negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

The Caixin China services purchasing managers jatuh ke 51,8 pada April dari 52,2 pada Maret, Caixin Media Co dan perusahaan riset Markit mengatakan, menunjukkan perlambatan sektor jasa negara tersebut.

china-services-pmi

Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi dari bulan ke bulan sementara hasil di bawah tersebut menunjukkan hasil kontraksi.

Meskipun layanan PMI lebih rendah dari bulan sebelumnya, subindex pekerjaan dan pesanan baru naik pada bulan April.

Sektor jasa Tiongkok telah menjadi salah satu dari beberapa titik terang dalam perekonomian, membantu untuk mengimbangi penurunan tajam dalam industri tradisional yang berjuang menghadapi kapasitas menganggur dan melemahnya permintaan. Pada 2015, jasa menyumbang 50,4% dari perekonomian domestik bruto Tiongkok, naik dari 48,1% pada tahun 2014.

PMI non manufaktur resmi Tiongkok, ukuran yang bersaing, jatuh ke 53,5 pada April dari 53,8 pada Maret, menurut data yang dirilis pada hari Minggu.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here