Aktifitas Manufaktur Swasta Hong Kong April Terendah 8 Bulan

292

Indeks Nikkei Purchasing Managers Hong Kong jatuh ke level terendah delapan bulan pada 45,3 di bulan April dari 45,5 pada Maret, menunjukkan penurunan lebih lanjut dalam sektor swasta Hong Kong di tengah perlambatan ekonomi Tiongkok, Markit Group Ltd, menyatakan pada Kamis (05/05).

PMI April terseret sebagian dengan sedikit pesanan baru dan bisnis baru dari Tiongkok, kata Markit. Angka PMI di atas 50 menunjukkan ekspansi dalam kegiatan manufaktur, sementara angka di bawah yang menunjuk ke kontraksi.

hong-kong-manufacturing-pmi

Ekonom Markit Annabel Fiddes mengatakan PMI Hong Kong terbaru sebagian didorong oleh penurunan yang lebih cepat secara total dari bisnis baru. “Akibatnya, perusahaan membuat pemotongan lebih lanjut untuk jadwal produksi dan lapangan kerja, dan perusahaan menurunkan biaya mereka pada kecepatan yang ditandai untuk menarik bisnis baru,” katanya.

“Pelemahan yang dimulai pada kuartal kedua menunjukkan bahwa sektor ini terus berjuang dalam menghadapi kondisi ekonomi yang buruk dan mengurangi permintaan klien, terutama di Tiongkok,” tambahnya.

PMI berasal dari indeks yang mengukur perubahan dalam produksi, pesanan baru, pekerjaan, waktu pengiriman pemasok dan persediaan barang yang dibeli. PMI didasarkan pada survei terhadap 300 perusahaan.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here