Bursa Eropa 5 Mei Bergerak Naik Terdukung Rally Minyak Mentah

329

Bursa Saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada awal perdagangan hari Kamis (05/05), terdukung rally harga minyak.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,55 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.112,22, naik 0.20 poin 0%

Indeks DAX berada pada posisi 9.858,41, naik 30,16 poin atau 0,31%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.327,77, naik 3,54 poin atau 0,08%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.748,60, naik 94,30 poin atau 1,09%

Lihat : Awal Bursa Eropa 4 Mei Tertekan Pelemahan Bursa Asia Dan Minyak Mentah

Pasar Eropa didukung oleh rebound di pasar minyak pada hari Kamis. Harga minyak melonjak lebih dari satu persen pada awal perdagangan Kamis sebagai api besar di Kanada mengganggu produksi daerah pasir minyak, sementara meningkatnya pertempuran di Libya mengancam produksi negara Afrika Utara, Reuters melaporkan.

Lihat : Harga Minyak Mentah Naik Terpicu Penurunan Produksi Kanada Dan Libya

Harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 45,43 per barel pada 0800 pagi waktu London, naik 1,95 persen dari penutupan terakhir mereka.

Saham di sektor minyak dan gas juga rall. Saham Repsol naik tajam meskipun melaporkan penurunan 43 persen laba bersih untuk kuartal pertama 2016.

Di Asia, pasar lebih rendah pada hari Kamis setelah pembacaan pada perekonomian Tiongkok yang menunjukkan pertumbuhan di sektor jasa dimoderasi bulan lalu.

Indeks China Caixin layanan pembelian manajer (PMI) datang di 51,8 untuk April, terus menunjukkan ekspansi, tapi menandai moderasi dari 52,2 pada bulan Maret. Angka di atas 50 menunjukkan adanya aktivitas berkembang sementara satu di bawah tingkat yang menunjukkan kontraksi.

Lihat : Aktifitas Jasa Swasta Tiongkok April Melambat

Dalam berita data lain, pertumbuhan ekonomi Inggris dapat gagal mencapai 0,1 persen pada kuartal kedua tahun ini, turun dari 0,4 persen yang terlihat di kuartal pertama, menurut data perusahaan keuangan Markit, didorong oleh ketidakpastian atas referendum Juni di mana publik Inggris akan memutuskan apakah negara akan tetap menjadi anggota Uni Eropa.

Indeks layanan pembelian manajer April Inggris (PMI)  mencapai 52,3, terendah sejak Februari 2013 dan turun dari pembacaan bulan sebelumnya sebesar 53,7.

Di sisi pendapatan, BT melaporkan kenaikan 6 persen pendapatan setahun penuh pada hari Kamis untuk £ 18910000000 (27460000000 $), termasuk akuisisi EE operator seluler, mengirimkan saham naik 3,2 persen lebih tinggi.

Rantai supermarket Inggris Morrisons melihat saham naik tajam setelah mengatakan penjualan di 13 minggu sampai 1 Mei naik 0,7 persen.

Perusahaan perangkat lunak Sage Group melihat 15,6 persen tahun-ke-tahun penurunan laba sebelum pajak untuk tahun setengah yang berakhir 31 Maret karena terus berbalik bisnis, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Saham grup Asuransi RSA lebih tinggi setelah melihat premi bersih untuk kuartal pertama jatuh 1 persen tapi keuntungan operasi berada di depan harapan perusahaan.

Barclays mengatakan telah mengangkat £ 603,000,000 ($ 875,50 juta) setelah menjual saham 12,2 persen di bisnis Afrika-nya. Sahamnya bergerak datar.

Operator satelit Inmarsat memotong proyeksi pendapatan setahun penuh sebagai “resesi berkelanjutan dalam pasar maritim dan energi global “, mengirimkan saham turun 4,5 persen.

Perusahaan teknik Inggris Rolls-Royce memperkuat outlook 2016 setelah sulit pada 2015 yang melihat sejumlah peringatan keuntungan. Saham melemah tajam.

Utilitas Inggris Centrica jatuh ke bagian bawah dari STOXX 600, turun lebih dari 7 persen setelah mengumumkan rencana untuk menaikkan sekitar £ 750 dari saham private placement untuk mendanai dua akuisisi dan memotong utang.

Bank-bank Italia rally pada Kamis di tengah harapan reformasi sektor perbankan bermasalah di negara itu. Bank Italia telah berada di bawah tekanan karena portofolio besar kredit macet di buku mereka. Pemerintah Italia telah mengambil langkah-langkah untuk membantu sektor termasuk penciptaan apa yang disebut “Bank buruk” yang disebut Atlante.

Bank yang buruk membuat intervensi pertama selama akhir pekan, memasukkan uang ke dalam Banco Popolare di Vicenza setelah rencananya untuk go public gagal.

Treasury Italia mungkin memasukkan uang ke dalam dana bailout melalui sarana investasi itu membeli dari Intesa Sanpaolo, Reuters melaporkan, mengutip sumber pemerintah. Berita itu membantu meningkatkan sentimen di sekitar bank-bank Italia, Rabu.

Banca Monte Paschi di Siena, salah satu pemberi pinjaman Italia yang paling bermasalah, naik 5 persen menjelang pendapatan yang diharapkan sore ini.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here