Dollar AS Sesi Amerika Menyerah Terhadap Kurs Komoditas

564

Pengumuman Departemen Tenaga Kerja AS malam ini yang mengecewakan untuk jumlah klaim pengangguran pekan terakhir bulan April sempat membuat dollar retreat dari penguatan yang sudah dimulai pada perdagangan sesi Asia pagi tadi. Namun menguat kembali terhadap banyak rival utamanya kecuali atas kurs komoditas setelah pasar mencermati kembali laporan pemerintah tersebut.

Lihat: Kenaikan Klaim Pengangguran AS Tertinggi 15 Bulan, NFP Mengkhawatirkan

Dari laporan tersebut setelah dikumpulkan datanya selama bulan April, jumlah yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran negeri tersebut lebih rendah dari bulan sebelumnya bahkan terendah dalam 16 tahun secara bulanan. Karenanya dollar AS menguat kembali dengan harapan Fed rate akan dinaikkan pada bulan Juni nanti.

Terpantau malam ini dollar AS hanya melemah terhadap kurs komoditas seperti aussie, loonie dan kiwi dollar, kekuatan mata uang komoditas ini didapat dari lonjakan harga minyak mentah pasca kebakaran besar yang terjadi di dekat sumur minyak Canada.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama mengakhiri perdagangan sesi Eropa Kamis  dengan kenaikan  0,5 persen setelah dibuka pada awal perdagangan di posisi 93,21 dan kini indeks bergulir pada kisaran 93,72.

Untuk penggerak fundamental tambahan malam ini pernyataan dari 4 pejabat Federal Reserve yang diharapkan memberi sinyal untuk prospek kenaikan Fed rate seperti Presiden Fed San Francisco John Williams tampil di CNBC, sementara Presiden Fed St Louis James Bullard dijadwalkan untuk berbicara di Universitas California. Kemudian pada hari itu, Presiden Fed Dallas   Robert Kaplan dan Presiden Fed Atlanta Dennis Lockhart akan bergabung  pada panel di Stanford University.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here