Dollar AS Sesi Eropa Masih Jadi Rebutan Pasar

223

Masuki perdagangan forex sesi Eropa hari Kamis  (5/05)  dollar AS kembali menjadi rebutan  pasar global setelah melihat suramnya fundamental mata uang utama dunia lainnya seperti yen, euro, poundsterling, dollar Canada dan swissfranc. Terpantau sore ini hanya terhadap aussie saja dollar AS melemah merespon lonjakan harga minyak mentah.

Pelaku pasar global semakin optimis dengan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang terus naik setelah semalam beberapa rilis data ekonomi menunjukkan data yang meningkat seperti trade balance dan kinerja sektor jasa. Mantapnya data ini memberikan harapan perbaikan pertumbuhan ekonomi diawal kuartal kedua setelah kuartal pertama tahun ini menurun dari kuartal sebelumnya. Sentimen ini memberikan harapan tambahan bagi pasar akan kenaikan fed rate pada bulan Juni seperti yang sudah direncanakan.

Sebelumnya pasar dikecewakan dengan buruknya fundamental euro, pound, yen dan dollar Canada (Lihat: Inilah Penyebab Dollar AS Dapat Bangkit Dari Jurang 16 Bulan). Hari ini bertambah lagi dari laporan kebakaran ladang minyak di Canada yang menekan kurs negara tersebut.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama mengakhiri perdagangan sesi Asia Kamis  dengan kenaikan  0,2 persen setelah dibuka pada awal perdagangan di posisi 93,21 dan kini indeks bergulir pada kisaran 93,44.

Untuk penggerak fundamental hari ini, terdapat rilis data unemployment claims yang diperkirakan menunjukkan data yang memberikan sinyal buruknya data NFP yang akan dirilis esok hari setelah perdagangan semalam juga dilaporkan data ADP emplotyment chasnge menurun jauh dari periode sebelumnya.

 

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here