Indeks Shanghai 5 Mei Berakhir Terangkat Harapan Peningkatan Investasi Swasta

350
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (05/05), indeks Shanghai berakhir naik 6,87 poin, atau 0,23 persen, ke 2998.14. Penguatan indeks Shanghai terdorong harapan investor dengan upaya pemerintah Tiongkok untuk meningkatkan investasi sektor swasta.

Lihat : Indeks Shanghai 5 Mei Bergerak Lemah Tergerus Pelemahan Sektor Jasa Swasta

Indeks Shanghai sempat mengalami pelemahan setelah aktifitas jasa sektor swasta Tiongkok melambat pada bulan April.

Aktifitas Jasa Tiongkok tumbuh lebih lambat pada bulan April, pengukur swasta menunjukkan pada Kamis (05/05), menambah ketidakpastian arah ekonomi negara ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

The Caixin China services purchasing managers jatuh ke 51,8 pada April dari 52,2 pada Maret, Caixin Media Co dan perusahaan riset Markit mengatakan, menunjukkan perlambatan sektor jasa negara tersebut.

Lihat : Aktifitas Jasa Swasta Tiongkok April Melambat

Namun indeks berbalik menguat dengan adanya harapan akan upaya yang dilakukan pemerintah Tiongkok untuk meningkatkan investasi sektor swasta.

Tiongkok akan mengambil langkah-langkah untuk menghentikan perlambatan investasi sektor swasta, kabinet, Rabu (04/05), termasuk akses pasar yang lemah bagi perusahaan-perusahaan swasta.

Pengumuman kabinet terjadi setelah data menunjukkan aset investasi tetap oleh perusahaan swasta naik 5,7 persen pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, melambat dari kenaikan 10,1 persen pada tahun 2015.

Lihat : Pemerintah Tiongkok Upayakan Peningkatan Investasi Sektor Swasta

Saham transportasi menguat pada Kamis, karena saham maskapai melonjak setelah pemerintah pusat Tiongkok pada Rabu mengumumkan rencana untuk mempromosikan transportasi maskapai dengan berjanji untuk membuka ruang udara ketinggian rendah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi menguat terbatas dengan harapan stimulus dari pemerintah Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2888-2776 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3098-3195.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here