Preview: Initial Jobless Claims AS

238

Pengajuan klaim baru untuk tunjangan pengangguran masih merupakan hal yang utama untuk berpikir positip mengenai pasar tenaga kerja dan ekonomi AS. Kenyataannya, perkiraan mingguan untuk indikator terdepan ini telah berada pada kerendahan selama multi dekade di bulan-bulan belakangan ini. Dengan standard ini, kenaikan yang lambat dari payrolls di bulan April melalui penghitungan ADP kelihatannya seperti tidak berarti.

Update pada malam hari ini untuk bulan April minggu lalu diperkirakan tidak menantang tren yang bagus belakangan ini.

Jumlah orang AS yang mengajukan klaim baru untuk tunjangan pengangguran pada minggu lalu naik menjadi sebanyak 257.000 tetapi tetap dibawah level yang rendah secara historis konsisten dengan pasar tenaga kerja yang kuat. Jumlah klaim bertambah sebanyak 9000, dari minggu sebelumnya, sesuai dengan perkiraan pasar. Pasar tenaga kerja terus membukukan kenaikan yang sehat meskipun ada kekuatiran mengenai perlambatan dalam pertumbuhan ekonomi AS yang meluas di awal tahun 2016.

Perkiraan konsensus dari Econoday.com mengatakan klaim akan naik sedikit ke 262.000 untuk minggu sampai dengan 30 April. Tetapi inipun hanya sedikit jauhnya dari angka pertengahan April sebesar 248.000, yang merupakan angka terendah sejak 1973.

Update malam hari ini kelihatannya berada pada jalur tetap menghidupkan harapan bahwa laporan payrolls resmi besok dari Washington akan memberikan pertumbuhan yang baik. Inilah yang diproyeksikan oleh para ekonom untuk update pada hari Jumat besok.

Konsensus dari Econoday.com memperkirakan kenaikan yang solid sebesar 200.000 untuk nonfarm payrolls di bulan April. Tetapi jika ternyata perkiraan tersebut terlalu optimis, seimbang dengan data ADP yang mengecewakan, sentimen pasar akan menurun lebih jauh terhadap outlook makro di kuartal kedua dan seterusnya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here