Sektor Jasa AS Tumbuh Lebih Kuat Bulan April

383

Sektor jasa AS melihat pertumbuhan yang lebih kuat pada bulan April, tanda bahwa ekonomi yang lebih luas dapat meningkat setelah awal yang lambat untuk tahun 2016.

The Institute for Supply Management pada hari Rabu mengatakan indeks kegiatan ekonomi non manufaktur, pelacakan segalanya mulai dari restoran makanan hingga dry cleaning, naik menjadi 55,7 pada April dari 54,5 pada Maret. Angka di atas 50 menunjukkan adanya aktivitas yang berkembang sementara angka di bawah 50 poin menunjukkan kontraksi.

united-states-non-manufacturing-pmi (1)

Perekonomian AS tersendat pada kuartal pertama, dengan produk domestik bruto tumbuh pada 0,5% tingkat tahunan kontraksi, Departemen Perdagangan mengatakan pekan lalu. Sektor manufaktur terutama telah terpukul oleh harga minyak yang rendah, yang telah menekan produsen energi dalam negeri, sementara permintaan untuk ekspor telah redup karena pertumbuhan yang lemah di luar negeri dan dolar yang kuat.

Jauh lebih besar sektor jasa, yang mempekerjakan lebih dari dua-pertiga dari AS tenaga kerja nonfarm, telah terbukti lebih tangguh. Indeks ISM telah mengisyaratkan ekspansi konsisten di layanan industri AS sejak awal 2010, meskipun pertumbuhan mulai melambat akhir tahun lalu.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here