Bursa Eropa Bergerak Lemah Menantikan Rilis Data NFP

627

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Jumat (06/05) dengan kehati-hatian pasar menjelang rilis data pekerjaan AS malam ini.

Indeks Stoxx 600 Eropa pan turun sekitar 0,8 persen pada hari Jumat, dengan semua sektor di wilayah negatif.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.064,50, turun -52,75 poin atau -0,86%

Indeks DAX berada pada posisi 9.777,93, turun -73,93 poin atau -0,75%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.271,28, turun -48,18 poin atau -1,12%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.638,90, turun -50,50 poin atau -0,58%

Lihat : Bursa Eropa 5 Mei Bergerak Naik Terdukung Rally Minyak Mentah

Investor global sedang menunggu laporan kerja kunci dari AS pada hari Jumat untuk petunjuk terbaru pada keadaan kesehatan perekonomian. Hasil ini akan mempengaruhi keputusan AS Federal Reserve apakah akan menaikkan suku bunga pada bulan Juni.

Penggerak pasar utama lainnya adalah minyak pada hari Jumat, yang melihat harga sedikit turun tertekan dolar yang kuat membebani sentimen. Harga ini datang setelah harga melonjak di bagian belakang gangguan pasokan, terutama di Amerika Utara, di mana kebakaran hutan terus mengamuk di dekat ladang pasir minyak besar Kanada, pengetatan pasar menderita kelebihan pasokan global, Reuters melaporkan.

Keduanya, Brent dan WTI AS berada di bawah tekanan selama perdagangan, saat ini diperdagangkan masing-masing sekitar $ 44,75 dan $ 44,10. Namun persediaan minyak mentah sebagian besar lebih rendah, dengan saham Tullow Oil dan Shell mencatat kerugian tajam.

Di pasar Asia semalam, saham melemah karena investor menunggu angka non-farm payroll, namun saham Australia menelusuri kembali beberapa penurunan setelah bank sentral menurunkan proyeksi inflasi.

Saham ArcelorMittal tenggelam lebih dari 4,5 persen menjadikannya pemain terburuk pada indeks CAC Perancis meskipun baja mengatakan pada hari Jumat bahwa itu sedikit lebih positif tentang pasar baja, dengan perbaikan moderat di prospek untuk Tiongkok. Inti keuntungan (EBITDA) datang di $ 927.000.000 untuk kuartal pertama, angka yang lebih rendah dibandingkan dengan hasil kuartal sebelumnya.

Saham Easyjet naik lebih 1 persen setelah maskapai murah melaporkan kenaikan 6,1 persen pada jumlah penumpang pada bulan April.

Saham InterContinental turun lebih dari 1,5 persen lebih rendah meskipun melaporkan kenaikan pendapatan kuartal pertama secara global. Kelompok ini juga mengatakan mereka yakin untuk sisa tahun ini, Reuters melaporkan.

Saham PSA Peugeot Citroen naik sekitar datar menyusul berita bahwa produsen mobil itu untuk berinvestasi lebih dari 600 juta euro ($ 684.000.000) dalam sebuah proyek baru di Spanyol yang mencakup membangun mobil baru, Reuters melaporkan.

Sementara itu, saham Monte dei Paschi di Siena melonjak 3 persen setelah bank Italia melaporkan laba bersih kuartal pertama hari Kamis mengalahkan ekspektasi analis.

Pemain terbaik pada indeks FTSE London adalah Randgold Resources, naik 3,5 persen, didukung oleh kenaikan harga emas, yang mendorong Fresnillo lebih tinggi juga. Saham pertambangan namun sebagian besar lebih rendah, dengan Anglo American turun lebih dari 3 persen.

Pemain terburuk pada indeks itu perusahaan telekomunikasi satelit Inggris Inmarsat, turun lebih dari 4 persen, setelah perusahaan memperingatkan pada hari Kamis bahwa penjualan bisa lebih rendah tahun ini.

Malam nanti akan dirilis data Non Fam Payroll April yang diindikasikan turun. Jika terealisir akan berpotensi melemahkan bursa Wall Street dan mempengaruhi busa global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah jika bursa Wall Street dan harga minyak bergerak melemah.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here