Bursa Hong Kong 6 Mei Negatif; Mingguan Anjlok 4 Persen

710

Pada penutupan perdagangan akhir pekan Jumat (06/05), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup turun –339,95 poin, atau -1,66 persen, ke 20109.87. Pelemahan indeks Hang Seng terpicu pelemahan bursa Shanghai yang tertekan dengan pelemahan ekonomi Tiongkok. Secara mingguan anjlok -4,3 persen.

Lihat : Indeks Hang Seng 6 Mei Bergerak Turun Mengikuti Bursa Tiongkok

Bursa Hong Kong jatuh untuk hari kelima berturut-turut pada hari Jumat, menghasilkan kerugian mingguan terbesar mereka dalam hampir tiga bulan, sebagai rebound pasar sejak pertengahan Februari tertekan kekhawatiran tentang pertumbuhan global. Untuk minggu ini, indeks Hang Seng merosot 4,5 persen, penurunan terbesar sejak pekan yang berakhir 12 Februari.

Pelemahan bursa Hong Kong terkena sentimen ekonomi Tiongkok, sebagai koreksi lebih lanjut di pasar komoditas Tiongkok mendorong penurunan satu hari terbesar jatuh untuk indeks utama dalam lebih dari dua bulan.

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok akhir pekan Jumat (06/05), indeks Shanghai berakhir naik -84,43 poin, atau -2,82 persen, ke 2913.41. Pelemahan indeks Shanghai tertekan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Hasil ini membawa hasil negatif mingguan -0,9 persen.

Pelemahan indeks Shanghai merupakan satu hari terbesar kejatuhan dalam lebih dari dua bulan, menghapus keuntungan dari rebound terakhir di tengah koreksi lebih lanjut di pasar komoditas dan tanda-tanda segar tekanan dengan obligasi.

Para pengamat mengatakan kesabaran investor telah gagal bertahan di atas psikologis kunci 3.000 karena ekonomi masih rapuh.

Penurunan juga disebabkan kelemahan dalam saham di pasar komoditas Tiongkok di sesi terakhir, dan kekhawatiran bahwa lebih banyak perusahaan perlu menjual saham untuk mengumpulkan cukup uang untuk membayar utang sebagai jumlah default meningkat.

Saham jatuh di seluruh papan dengan saham sektor energi dan konsumen memimpin penurunan.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng turun -23 poin atau -0,12% pada  19,952.00, turun dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,975.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya berpotensi melemah terbatas dengan kekuatiran pelemahan bursa global dan pelemahan ekonomi domestik. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 19.496-18.903 dan kisaran Resistance 20.485-20.946.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here