IMF Serukan Zona Euro Bersepakat Membantu Yunani

291

Dana Moneter Internasional mendesak para menteri keuangan di zona euro untuk melakukan  perundingan dan mulai bekerja mencari kesepakatan untuk memberikan utang kepada Yunani karena pembicaraan untuk menemukan € 3 miliar pemotongan anggaran Yunani telah mencapai jalan buntu.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengirimkan surat kepada 19 menteri keuangan zona euro mendesak mereka untuk menempatkan prospek utang di atas meja dalam negosiasi dengan Yunani.

Jika mereka gagal untuk melakukannya, partisipasi IMF bisa beresiko. Surat Lagarde itu pertama kali dilaporkan oleh Financial Times.

“Bagi kami untuk mendukung Yunani dengan pengaturan IMF baru, adalah penting bahwa pembiayaan dan utang dari mitra Eropa Yunani didasarkan pada target fiskal yang realistis karena didukung oleh langkah-langkah yang kredibel untuk menjangkau mereka.”

Lagarde mendesak tindakan menjelang pertemuan darurat dari kreditur Yunani pada Senin, setelah pembicaraan tentang apa yang disebut “contingency” pemotongan anggaran – yang telah berjalan selama sebulan – gagal menemukan solusi apapun.

Dalam surat itu, Lagarde juga menampik kritik yang telah menyarankan bahwa IMF sedang “tidak fleksibel” dan berpendapat bahwa dana tersebut secara fundamental terhadap pelaksanaan langkah-langkah penghematan lebih.

“Klarifikasi diperlukan untuk membersihkan tuduhan tak berdasar bahwa IMF sedang tidak fleksibel, menyerukan langkah-langkah yang tidak perlu baru fiskal dan – sebagai hasilnya – menyebabkan keterlambatan dalam negosiasi dan pencairan dana sangat dibutuhkan,” tulisnya.

IMF, dan kepala Eropa Poul Thomsen, telah dikritik oleh para pejabat senior Yunani untuk membuat tuntutan terlalu bersemangat tentang program penghematan negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam surat itu, Lagarde juga menegaskan kembali keyakinan IMF bahwa Yunani tidak akan mampu mencapai surplus anggaran 3,5% pada tahun 2018 yang saat ini sedang diamanatkan oleh Uni Eropa. Surplus 1,5% akan lebih realistis.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here