Kekuatan Dollar AS Jumat Pagi Diuji Data NFP Bulan April

611

Mengakhiri perdagangan forex hari Kamis (6/05) beberapa jam lalu, dollar AS berhasil menguat terhadap beberapa rival utamanya kecuali terhadap kurs komoditas. Dan pagi ini terpantau masih bergerak positif oleh optimisme pasar menantikan rilis laporan pasar tenaga kerja AS untuk bulan April. Laporan ini  sangat diantisipasi bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap prospek apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunganya pada pertemuan bulan Juni nanti.

Malam nanti kantor Departemen Tenaga Kerja AS akan mengumumkan perkembangan terakhir kondisi lapangan kerja di negeri tersebut (NFP) dengan data tingkat penganggurannya juga. Diperkirakan akan menunjukkan kenaikan sekitar 200.000 pekerjaan pada bulan April, sementara indeks pengangguran diperkirakan akan sedikit turun menjadi 4,9 persen.

Lihat: Kenaikan Klaim Pengangguran AS Tertinggi 15 Bulan, NFP Mengkhawatirkan

Mengenai pelemahan kurs euro, dalam buletin ekonomi yang diterbitkan ECB semalam  mengatakan pemulihan ekonomi masih terbebani  di sejumlah sektor. Sehingga prospek pertumbuhan kawasan euro masih tetap miring ke sisi negatifnya. Permintaan domestik dan investasi kawasan tersebut masih terkendala baik secara individu maupun korporasi. Dolar AS telah meningkat ke posisi tertinggi dalam 1 minggu di kisaran $ 1,14 terhadap Euro.

Mengenai pelemahan poundsterling, data survei Markit menunjukkan  ekspansi aktivitas sektor jasa Inggris melambat di laju paling lambat dalam lebih dari tiga tahun pada bulan April yang sebagian besar mencerminkan ketidakpastian ekonomi negara tersebut  menjelang referendum  keanggotaannya di Uni Eropa.

Mengenai pelemahan yen,  pernyataan PM Jepang Shinzo Abe pada hari Rabu (4/05) masih menjadi pemicu lemahnya mata uang safe haven tersebut di tengah liburnya pasar keuangan Jepang 3 hari berturut. Terhadap kurs komoditas, dollar AS masih sangat lemah oleh perkembangan harga minyak mentah yang alami peningkatan sangat signifikan dan menanjak terus ke posisi harga tertinggi sepanjang tahun 2016.

Lihat: Harga Minyak Mentah Berakhir Naik; Kekenyangan Global Masih Membayangi

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama mengakhiri perdagangan Kamis  naik  0,5 persen setelah dibuka pada posisi 93,21 dan berakhir pada posisi 93,76. Sepanjang hari ini dollar AS dapat saja tertekan oleh rilis data ekonominya malam nanti.

 

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here