Nonfarm Payrolls AS Turun Terendah 7 Bulan, Akankah Menghambat Kenaikan Suku Bunga?

500

Tenaga kerja AS menambah jumlah paling sedikit pekerjaan dalam tujuh bulan pada bulan April, memicu meragukan apakah Federal Reserve akan menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun ini.

Nonfarm payrolls AS meningkat sebesar 160.000 pekerjaan bulan lalu dengan pekerjaan konstruksi hampir tidak naik dan sektor ritel melepaskan pekerjaan, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Jumat (06/05). Yang merupakan kenaikan terkecil sejak September dan di bawah kuartal pertama pertumbuhan pekerjaan rata-rata 200.000.

united-states-non-farm-payrolls (1)

Menambah nada lemah laporan itu, pengusaha menambahkan 19.000 pekerjaan lebih sedikit pada bulan Februari dan Maret dari yang dilaporkan sebelumnya. Sementara tingkat pengangguran bertahan pada 5,0 persen itu karena orang keluar dari angkatan kerja.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters telah memperkirakan payrolls naik 202.000 bulan lalu dan tingkat pengangguran tidak berubah pada 5 persen.

Penghasilan rata-rata per jam adalah satu-satunya titik terang dalam laporan kerja, naik delapan sen atau 0,3 persen bulan lalu.

Yang mengambil kenaikan tahun-ke-tahun menjadi 2,5 persen dari 2,3 persen pada Maret, masih di bawah muka 3,0 persen yang ekonom mengatakan diperlukan untuk inflasi naik dengan target 2,0 persen Fed.

Bank sentral AS bulan lalu menawarkan penilaian yang cukup optimis pasar tenaga kerja, mengatakan bahwa kondisi telah “disempurnakan lebih lanjut.” The Fed menaikkan suku bunga acuan pada bulan Desember untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Pejabat Fed telah memperkirakan dua kenaikan suku bunga untuk tahun ini.

Langkah-langkah berbasis pasar dari harapan kebijakan Fed telah hampir membawa kenaikan suku bunga pada pertemuan 14-15 Juni Fed, menurut FedWatch CME Group. Mereka melihat probabilitas kurang dari 40 persen dari kenaikan suku bunga pada bulan September dan November, dengan kesempatan 48 persen pada pertemuan Desember.

Tingkat partisipasi angkatan kerja, atau pangsa usia kerja Amerika yang dipekerjakan atau setidaknya mencari pekerjaan, turun 0,2 persen menjadi 62,8 persen. Itu telah meningkat 0,6 persen poin sejak turun ke 62,4 persen pada September.

Angkatan kerja turun 362.000 sebagai orang-orang yang berhenti bekerja pada bulan April. Rasio kerja-untuk-populasi jatuh ke 59,7 persen dari tinggi tujuh tahun dari 59,9 persen.

Sebuah ukuran luas pengangguran yang mencakup orang-orang yang ingin bekerja tetapi telah menyerah mencari dan mereka yang bekerja paruh waktu karena mereka tidak dapat menemukan pekerjaan penuh-waktu tergelincir sepersepuluh persentase poin menjadi 9,7 persen bulan lalu.

Sektor jasa swasta mendominasi keuntungan kerja pada bulan April, menambahkan 174.000 pekerjaan. payrolls ritel jatuh 3100 setelah kenaikan tajam pada kuartal pertama, meskipun penjualan lesu.

Manufaktur menambahkan 4.000 pekerjaan bulan lalu setelah merosot 29.000 pada bulan Maret, penurunan terbesar untuk sektor ini sejak Desember 2009.

Ada kehilangan pekerjaan lebih lanjut dalam pertambangan sebagai sektor energi menyesuaikan dengan keuntungan yang lemah dari penurunan berkepanjangan baru-baru ini dalam harga minyak. Payrolls pertambangan turun 8.000 bulan lalu. Pekerja pertambangan mengalami penurunan sebesar 191.000 pekerjaan sejak memuncak pada bulan September 2014, dengan 75 persen dari kerugian dalam kegiatan dukungan.

Keuntungan dalam pekerjaan konstruksi melambat tajam, dengan sektor menambahkan 1.000 pekerjaan pada April, setelah pembangunan rumah menunjukkan beberapa tanda-tanda pelemahan bulan lalu.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here