Bursa Shanghai 9 Mei Berakhir Tertekan Pelemahan Perdagangan Dan Saham Komoditas

307
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok awal pekan Senin (09/05), indeks Shanghai berakhir turun -80,34 poin, atau -2,76 persen, ke 2832.91. Pelemahan indeks Shanghai tertekan buruknya data perdagangan Tiongkok dan pelemahan saham-saham komoditas.

Lihat : Indeks Shanghai 9 Mei Berawal Negatif Tertekan Buruknya Data Perdagangan

Ekspor dan Impor Tiongkok turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan April, menggarisbawahi melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri dan pendinginan harapan pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ekspor turun 1,8 persen dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok mengatakan pada hari Minggu, membalikkan pemulihan singkat bulan sebelumnya dan mendukung kekhawatiran pemerintah bahwa lingkungan perdagangan luar negeri akan menantang pada tahun 2016.

Impor April turun 10,9 persen dari tahun sebelumnya, jatuh untuk 18 bulan berturut-turut, menunjukkan permintaan domestik tetap lemah meskipun kenaikan belanja infrastruktur dan pertumbuhan catatan kredit pada kuartal pertama.

Lihat : Ekspor Dan Impor Tiongkok April Turun Dibawah Perkiraan

Sektor bahan baku anjlok hampir 5 persen karena harga komoditas iongkok terus menurun di tengah tindakan keras pemerintah pada perdagangan spekulatif.

Pada akhir perdagangan, saham Baoshan Steel turun 4,62 persen, saham Baotou Steel turun 5,69 persen dan saham Aluminium Corp of China turun 4,41 persen.

Esok pagi akan dirilis data Inflasi Tiongkok April yang diindikasikan meningkat. Juga akan dirilis data New Yuan Loans April yang diindikasikan menurun.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi melemah dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2729-2639 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2931-3049.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here