Cadangan Devisa Tiongkok April Meningkat

312

Cadangan Devisa Tiongkok naik pada bulan April menjadi $ 3.22tn, demikian data bank sentral kemarin, menandai kenaikan bulanan kedua tahun ini dan menyarankan bank sentral meredakan intervensi sebagai arus keluar modal berkurang.

Ekonom yang disurvei dalam jajak pendapat Reuters telah memperkirakan cadangan devisa turun menjadi $ 3.2tn.

china-foreign-exchange-reserves (2)

Data bank sentral juga datang setelah kenaikan mengejutkan dalam Maret ketika cadangan devisa naik sedikit menjadi $ 3.21tn, kenaikan bulanan pertama sejak November. Sebelum itu, cadangan devisa telah jatuh $ 28.57bn pada bulan Februari untuk $ 3.2tn, terendah sejak Desember 2011.

Sementara cadangan Tiongkok telah menurun terus sejak Juni 2014 ketika mereka mencapai puncaknya pada $ 3.99tn, tren sejak dimoderasi, menurut data resmi terbaru.

Arus keluar modal dari Tiongkok telah mulai mereda, menurut data terbaru dari State Administration of Foreign Exchange (SAFE), dengan penjualan devisa neto oleh bank umum Maret hanya sedikit di $ 36.4bn, dan jauh lebih rendah dari $ 54.4bn penjualan bersih sebelumnya pada bulan Januari.

Gubernur bank sentral Zhou Xiaochuan mengatakan pada konferensi G20 pada bulan April bahwa pasar valuta asing telah stabil, dengan tren terbaru yuan mencerminkan pasokan pasar dan permintaan dan stabil terhadap sekeranjang mata uang.

Namun demikian, ekonom percaya bahwa Tiongkok masih menghadapi tantangan besar dalam menstabilkan yuan, terutama di tengah melimpahnya pasokan yang signifikan dan permintaan lamban di dalam negeri.

Lihat : Ekspor Dan Impor Tiongkok April Turun Dibawah Perkiraan

Sementara pendinginan ekspektasi kenaikan suku bunga AS baru-baru ini mengurangi tekanan pada yuan, kenaikan suku bunga AS masa depan masih tetap menjadi faktor risiko besar untuk memicu gangguan lebih lanjut untuk ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut, ekonom mengatakan.

Sejak Desember 2015, Bank Rakyat China telah bergerak untuk mengekang spekulasi mata uang, termasuk membatasi ‘investasi luar negeri dan menerapkan rasio persyaratan cadangan perbankan offshore’ dana berbasis yuan deposito yuan dalam negeri.

Para pejabat Tiongkok juga mempelajari pengenalan pajak perdagangan mata uang untuk menghukum spekulan, serta berusaha untuk meringankan aturan modal untuk investor institusi asing untuk membeli saham onshore dan obligasi.

Dengan kuartal pertama 2016 menunjukkan tanda-tanda moderasi dalam aliran keluar modal, analis mengamati dengan seksama apakah penurunan cadangan devisa akan moderat tahun ini sejalan dengan harapan bahwa yuan akan stabil.

Kekhawatiran atas kebijakan nilai tukar luar negeri Tiongkok meningkat tahun lalu setelah devaluasi kejutan yuan pada bulan Agustus dan penurunan tajam yuan tahun ini pada bulan Januari, memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi.

Cadangan devisa Tiongkok, yang merupakan terbesar di dunia, turun $ 513bn tahun 2015, menandai penurunan tahunan terbesar dalam sejarah. Data bank sentral menunjukkan pada hari Sabtu bahwa cadangan emas China naik ke $ 74.751bn pada akhir April, dibandingkan dengan $ 71,485 pada akhir Maret.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here