Dollar Sesi Asia Masih Bergerak Mixed, Sesi Malam Sepi Arahan

289

Memulai perdagangan forex awal pekan Selasa pagi (9/05) dollar AS bergerak mixed dengan pelemahan saham hanya kepada kurs  pound dan kurs  komoditas sedangkan terhadap safe haven menguat. Kekuatan dollar pagi ini masih berasal dari laporan kenaikan upah di Amerika meski data NFP mengecewakan.

Untuk kurs komoditas pagi ini alami rebound setelah tertekan anjloknya harga minyak mentah akhir pekan lalu. Masuki sesi Asia harga minyka mentah berusaha menanjak mengkoreksi tekanan perdagangsan pekan lalu. Untuk aussie yang biasanya melemah jika data Tiongkok mengecewakan, kali ini berhasil tegak terus oleh sentimen penguatan harga minyak dan kondisi bargain hunting.

Mengenai penguatan kurs pound, pair GBPUSD berhasil naik oleh aksi bargain hunting pasar setelah kurs pound tertekan hingga jatuh ke posisi terendah dalam 10 hari perdagangan.

Mengenai pelemahan yen,  rilis data kinerja sektor non manufaktur Jepang bulan April yang jatuh dan alami kontraksi menjadi penyebab suramnya yen. indeks data non manufaktur Jepang turun ke bawah posisi 50 indeks poin alias alami kontraksi.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Asia hari ini  naik  0,01 persen setelah dibuka pada posisi 93,89 dan berakhir pada posisi 93,93. Sepanjang hari ini dollar AS dapat saja tertekan oleh sepinya fundamental yang memperkuat indeks.

Joel/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here