IHSG 9 Mei Berakhir Turun Tertekan Profit Taking Investor Asing

286

Indeks Harga Saham Gabungan pada penutupan perdagangan awal pekan Senin (09/05) berakhir turun 1,52 persen pada 4749.32. Sedangkan indeks saham unggulan LQ45 juga ditutup turun 1,90% ke posisi 815.20. Pelemahan IHSG terpicu aksi profit.

Aksi profit taking memanfaatkan naiknya harga saham-saham selama 2 hari terakhir sebelum libur panjang pekan lalu. Melemahnya data perdagangan Tiongkok juga memberikan sentimen negatif.

Ekspor dan Impor Tiongkok turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan April, menggarisbawahi melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri dan pendinginan harapan pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ekspor turun 1,8 persen dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok mengatakan pada hari Minggu, membalikkan pemulihan singkat bulan sebelumnya dan mendukung kekhawatiran pemerintah bahwa lingkungan perdagangan luar negeri akan menantang pada tahun 2016.

Impor April turun 10,9 persen dari tahun sebelumnya, jatuh untuk 18 bulan berturut-turut, menunjukkan permintaan domestik tetap lemah meskipun kenaikan belanja infrastruktur dan pertumbuhan catatan kredit pada kuartal pertama.

Lihat : Ekspor Dan Impor Tiongkok April Turun Dibawah Perkiraan

IHSG sore ini tertekan oleh 9 sektor yang negatif, dengan pelemahan tertinggi pada sektor Industri Dasar yang turun sebesar 3,42%. Pada akhir perdagangan sore ini tercatat 92 saham menguat, sedangkan 214 saham melemah. Sampai sore ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak 8,79 miliar saham dengan nilai mencapai 11,02 triliun, dengan frekuensi perdagangan sebanyak 582.842 kali.

Lihat : IHSG 9 Mei Sesi 1 Tergerus Aksi Profit Taking

Hingga akhir perdagangan sore ini aksi profit taking investor asing terus berlanjut. Tercatat sore ini dana asing yang keluar pasar modal mencapai Rp. 770,04 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan perdagangan IHSG selanjutnya berpotensi menguat terbatas dengan aksi beli saham. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4714-4678, dan kisaran Resistance 4784-4816.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here