IHSG 9 Mei Dibuka Negatif Tertekan Aksi Profit Taking Investor Lokal

384

Indeks Harga Saham Gabungan pada awal perdagangan Senin (09/05) dibuka negatif, turun -13,64 poin atau -0,28 persen pada 4808,95. Pelemahan IHSG terpicu aksi profit taking investor lokal.

Aksi profit taking investor lokal memanfaatkan naiknya harga saham-saham selama 2 hari terakhir sebelum libur panjang pekan lalu.

Melemahnya data perdagangan Tiongkok juga memberikan sentimen negatif.

Ekspor dan Impor Tiongkok turun lebih dari yang diperkirakan pada bulan April, menggarisbawahi melemahnya permintaan di dalam dan di luar negeri dan pendinginan harapan pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Ekspor turun 1,8 persen dari tahun sebelumnya, Administrasi Umum Bea Cukai Tiongkok mengatakan pada hari Minggu, membalikkan pemulihan singkat bulan sebelumnya dan mendukung kekhawatiran pemerintah bahwa lingkungan perdagangan luar negeri akan menantang pada tahun 2016.

Impor April turun 10,9 persen dari tahun sebelumnya, jatuh untuk 18 bulan berturut-turut, menunjukkan permintaan domestik tetap lemah meskipun kenaikan belanja infrastruktur dan pertumbuhan catatan kredit pada kuartal pertama.

Lihat : Ekspor Dan Impor Tiongkok April Turun Dibawah Perkiraan

IHSG pada awal perdagangan pagi ini tertekan oleh 9 sektor yang berada di zona negatif dengan pelemahan tertinggi sektor Konsumer yang turun 2,54%. Pada pagi ini tercatat 57 saham menguat, sedangkan 96 saham melemah. Sampai saat ini terjadi transaksi perdagangan sebanyak lebih 448 juta saham dengan nilai mencapai lebih 709 miliar, dengan frekuensi perdagangan sebanyak lebih 24.600 kali.

Lihat :Rekomendasi Saham-saham Unggulan, Senin 9 Mei 2016

Namun aksi beli saham investor asing berusaha mengimbangi pagi ini, terpicu kenaikan bursa Wall Street dan penguatan dollar AS. Terpantau pagi ini dana asing yang masuk pasar modal tercatat Rp. 61,65 miliar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan IHSG berpotensi melemah terbatas dengan potensi aksi profit taking, namun juga berpotensi menguat dengan aksi beli investor asing. IHSG diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 4742-4710, dan kisaran Resistance 4807-4839.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here