Rupiah Selasa Siang Tetap Kuat Meski BI Lemahkan Kurs

303

Hingga perdagangan akhir pasar spot valas sesi Asia Senin siang  (9/05), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya masih terus bergerak positif hingga sesi siang. Penguatan rupiah siang ini mendapat dukungan dari data sentimen bisnis Indonesia periode kuartal pertama yang meningkat skor optimismenya.

Merespon pergerakan positif kurs rupiah  hingga siang ini,  investor asing masih melanjutkan aksi jualnya terhadap saham-saham besar  dan menarik dananya cukup besar. Siang ini terpantau net sell mencapai Rp147 miliar. Tekanan jual cukup besar investor asing ini membuat laju IHSG tertekan, terpantau kini turun 1,2% ke posisi 4763.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi kenaikan   0,17% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13325/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13356/US$.  Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Senin diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke 13284 dari posisi 13246 perdagangan hari Rabu  (04/05), sedangkan kurs transaksi antar bank  diperlemah ke posisi 13350 setelah perdagangan sebelumnya 13312.

Dan untuk pergerakan kurs rupiah hingga akhir pasar spot hari ini semakin lemah hingga akhir perdagangan  sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13356  resistance  13256 per dollar.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here