Bursa Eropa 10 Mei Bergerak Naik Terdukung Rebound Minyak Mentah

430

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada awal perdagangan Selasa (10/05) terdorong rebound harga minyak mentah dan beberapa laba positif emiten.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.160,59, naik 45,78 poin atau 0,75%

Indeks DAX berada pada posisi 10.049,76, naik 69,27 poin atau 0,69%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.360,07, naik 37.26 poin atau 0.86%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.773,40, naik 112,60 poin atau 1,30%

Indeks Kawasan Erop, Pan-Eropa STOXX 600 naik 1 persen dengan investor mencermati rilis laba dari bank besar pada hari Selasa.

Lihat : Bursa Eropa 9 Mei Bergerak Positif Terbantu Kenaikan Harga Minyak Mentah

Credit Suisse melaporkan kerugian sebelum pajak sebesar 484 juta franc Swiss ($ 497.850.000) pada kuartal pertama tahun 2016, dibandingkan dengan laba sebelum pajak dilaporkan 1,51 miliar franc Swiss pada periode yang sama tahun lalu. Setelah pajak, kelompok – Bank terbesar kedua Swiss – melaporkan kerugian bersih dari 302 juta franc Swiss, lebih kecil dari perkiraan untuk 424 juta kerugian franc Swiss, menurut jajak pendapat Reuters. Saham pemberi pinjaman tersebut rally 5 persen.

Bank Perancis Natixis melaporkan penurunan laba bersih 30 persen secara tahunan untuk kuartal pertama 2016 karena kelemahan dalam divisi perbankan investasi, mengirimkan saham lebih dari 6,7 persen lebih rendah.

Pemberi pinjaman Belanda ING turun, setelah mengatakan hasil bersih yang mendasarinya adalah 842.000.000 € dalam tiga bulan pertama tahun ini, jatuh 29 persen tahun-ke-tahun karena biaya peraturan yang lebih tinggi

Pasar minyak juga menjadi fokus pasar karena harga jatuh lebih awal pada hari Selasa karena kebakaran hutan Kanada yang telah menahan lebih dari 1 juta barel senilai kapasitas minyak mentah harian dari fasilitas produksi. Persediaan yang penuh dan dolar yang kuat juga menekan harga minyak. Tapi harga minyak mentah patokan internasional Brent rebound pada Selasa membantu mendorong saham-saham di sektor ini lebih tinggi.

Di tempat lain di ruang komoditas, saham pertambangan, yang terseret STOXX 600 pada hari Senin, melonjak pada hari Selasa. Saham yang terdaftar di London American Anglo lebih dari 5 persen lebih tinggi setelah Renaissance Capital menaikkan target harga untuk saham tersebut.

Saham perusahaan Baja Arcelor Mittal diperdagangkan di wilayah positif setelah Barclays menaikkan target harga untuk saham.

Di tempat lain, penjualan bersih pada bisnis jaringan utama Nokia turun 8 persen secara tahunan  menjadi 5,18 miliar euro ($ 5890000000), meleset dari konsensus pasar 5510000000, mengirimkan saham 5 persen lebih rendah.

Kelompok industri Jerman Thyssenkrupp berada di wilayah negatif setelah memotong perkiraan tahunan karena harga material lemah. Perusahaan juga membukukan rugi bersih sebesar 9 juta euro untuk semester pertama tahun ini.

Dalam berita asuransi, saham Munich Re diperdagangkan di zona merah setelah memotong proyeksi laba setahun penuh untuk ujung bawah kisaran setelah kemerosotan laba kuartal pertama.

Kelompok Staffing Adecco melaporkan laba sebelum bunga, pajak, dan amortisasi turun 5 persen pada kuartal pertama, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Easyjet diperdagangkan sedikit lebih rendah setelah berayun ke kerugian untuk semester pertama tahun ini mengutip “guncangan eksternal permintaan dari peristiwa terorisme yang berkaitan dengan Sharm el-Sheikh, Paris dan Brussels”.

Saham pembuat perhiasan Denmark Pandora rally lebih dari 7,7 persen setelah membukukan pendapatan mengalahkan pasar dan keuntungan.

Di depan data, output industri Jerman jatuh 1,3 persen pada Maret, menurut statistik resmi. Namun, ekspor naik 1,9 persen pada Maret, sementara impor turun sebesar 2,3 persen, meningkatkan surplus perdagangan menjadi 23,6 miliar euro.

Dalam berita lainnya, menteri keuangan zona euro, yang bertemu pada hari Senin, telah menawarkan untuk memberikan Yunani bantuan utang dengan memberikan lagi grace period dan jatuh tempo obligasi pada 2018 jika negara menyetujui semua reformasi di bawah bailout terbaru, Reuters melaporkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif terdukung positifnya bursa Asia dan jika harga minyak terus menguat, namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street nanti malam.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here