Harga Timah 10 Mei Tertekan Penguatan Dollar AS

322

Harga timah di bursa Malaysia turun pada perdagangan Selasa (10/05). Penurunan harga timah tertekan penguatan dollar AS.

Mata uang Yen mencapai dua minggu terendah terhadap dolar AS pada Senin setelah menteri keuangan Jepang Taro Aso mengatakan Tokyo siap untuk campur tangan di pasar mata uang jika diperlukan jika Yen bergerak terlalu volatile.

Lihat : Pemerintah Jepang Siap Intervensi Jika Yen Bergerak Terlalu Berlebihan

Membantu kenaikan dolar AS, Presiden Federal Reserve New York William Dudley mengatakan bahwa dua kenaikan suku bunga AS tetap “ekspektasi yang wajar” untuk tahun ini. Indeks Dollar AS menguat 0,34 persen pada 94.15.

Penguatan dollar AS membuat harga komoditas timah yang diperdagangkan dalam mata uang dollar AS menjadi mahal, sehingga permintaannya menurun.

Harga timah di bursa komoditas Malaysia terpantau mengalami penurunan hari ini. Harga logam industri ini diperdagangkan pada posisi 17.300 dollar per ton, turun sebesar 150 dollar dari penutupan sebelumnya pada 17.450.

Lihat : Harga Timah 9 Mei Berakhir Naik Terdukung Aksi Bargain Hunting

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga timah Malaysia pada perdagangan selanjutnya berpotensi turun jika dollar AS terus menguat. Harga akan menghadapi level support di posisi 17.100 dollar dan 16.900 dollar. Akan tetapi jika terjadi kenaikan, harga timah akan menghadapi level resistance di 17.500 dollar dan 17.700 dollar.

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here