Optimisme Bisnis Kecil AS April Naik Pertama Kali Tahun 2016

472

Kepercayaan bisnis kecil AS rebound dari level terendah dua tahun pada bulan April di tengah meningkatnya optimisme pasar tenaga kerja, mendukung pertumbuhan ekonomi akan mendapatkan kembali momentum di kuartal kedua.

The National Federation of Independent Business (NFIB), pada Selasa (10/05) merilis indeks optimisme bisnis kecil meningkat 1,0 poin menjadi 93,6 bulan lalu.

united-states-nfib-business-optimism-index (1)

Ini adalah kenaikan pertama dalam indeks tahun ini. Indeks mencapai level terendah dua tahun di bulan Maret. Meskipun melompat April, itu tetap di bawah pembacaan 100 pada bulan Desember 2014 dan rata-rata 42 tahun 1998.

Peningkatan bulan April ini sejalan dengan harapan bahwa perekonomian akan menambah kecepatan pada kuartal kedua setelah pertumbuhan produk domestik bruto melambat ke tingkat tahunan 0,5 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Pertumbuhan terhambat oleh efek tersisa dari rally dolar antara Juni 2014 dan Desember 2015, lemahnya permintaan global, kelebihan persediaan serta harga minyak yang rendah, yang telah menekan keuntungan di sektor energi.

Lihat : Defisit Perdagangan Inggris Maret Menyusut, Namun Kuartal 1 Terlebar Sejak 2008

Lima komponen indeks NFIB naik bulan lalu, sementara empat tidak berubah dan satu menurun. Aktifitas pasar tenaga kerja meningkat, dengan pangsa pemilik usaha kecil melaporkan perekrutan mendapatkan lima poin menjadi 53 persen, tetapi banyak yang mengatakan mereka tidak bisa menemukan pekerja yang cocok untuk posisi terbuka.

Ada juga peningkatan jumlah pemilik yang berencana untuk mempekerjakan pekerja, dengan sebagian besar penciptaan lapangan kerja di bidang konstruksi, manufaktur dan jasa profesional. Sementara ada peningkatan pangsa pemilik usaha kecil melaporkan penjualan yang lebih tinggi, jumlah yang sama mengatakan karena penjualan lemah.

Ada peningkatan pangsa pemilik melaporkan peningkatan persediaan, tetapi pangsa pemilik pengeluaran modal berencana selama tiga sampai enam bulan tidak berubah.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here