Outlook Emas Minggu Ini

209

Walaupun metal berharga mengakhiri minggu dengan catatan yang positip karena laporan NFP yang memberikan angka pertumbuhan pekerjaan yang lebih rendah daripada yang diperkirakan yakni 160.000 dibandingkan dengan 203.000 yang diperkirakan, namun secara hitungan mingguan baik emas maupun perak tidak mengalami kemajuan yang banyak. Emas naik tetapi perak turun sedikit. Dalam hal apapun juga, pasar masih tidak yakin akan kenaikan tingkat bunga pada bulan Juni oleh FOMC meskipun ada kenaikan dalam hal upah sebesar 2.5% setahun.

Laporan minggu ini akan tetap fokus di ekonomi AS dan termasuk sentimen konsumen, penjualan eceran, JOLTS dan PPI. Laporan lain yang perlu diperhitungkan di negara lain adalah CPI Cina dan order faktori Jerman dan GDP Jerman kuartal pertama.

Reaksi pasar terhadap laporan NFP yang terbaru sebagaimana yang telah diperkirakan positip bagi emas dan perak. Meskipun pertumbuhan pekerjaan meleset dari perkiraan pasar, namun upah naik lagi. Pasar memandang laporan ini sebagai pasar tenaga kerja mendekati employment yang penuh dan karenanya ada pertumbuhan upah lebih banyak dan tingkat partisipasi yang lebih tinggi.

JIka the Fed mengintepretasikan laporan ini juga demikian, hal ini berarti pasar tenaga kerja siap untuk kenaikan tingkat bunga di bulan-bulan yang akan datang. Dan laporan JOLTs yang akan datang bisa memberikan indikasi lainnya mengenai kondisi saat ini dari pasar tenaga kerja. Terakhir kalinya, jumlah “Jobs Opening” turun menjadi 5.45 juta pekerjaan dan pada laporan minggu ini diperkirakan akan naik kembali menjadi 5.55 juta.

Tetapi ada dua faktor lainya yang menahan FOMC dari mempertimbangkan menaikkan tingkat bunga: sentimen yang “bearish” dan inflasi yang rendah. Laporan minggu ini mengenai penjualan eceran dan sentimen konsumen bisa menunjukkan bagaimana bearishnya konsumen AS meskipun para konsumen sedang mendapatkan kompensasi yang lebih tinggi. Tanpa orang membelanjakan uangnya lebih banyak dan ketakutan akan perlambatan ekonomi berikutnya bukan hanya Wall Street, Main Street juga mengalami hal yang tidak baik. Inflasi juga isu utama lainnya yang menahan the Fed dari menaikkan tingkat bunga. Laporan PPI minggu ini akan menjadi preview bagi Laporan CPI yang menyusul. Jika inflasi inti tetap jauh dibawah 2%, the Fed tidak akan bergegas untuk menaikkan tingkat bunga di bulan Juni. Untuk saat ini pasar masih skeptis bahkan untuk kenaikan satu kali tingkat bunga. Berdasarkan Fed-watch, kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Juni hanya 13% dan untuk bulan Desember kemungkinannya sedikit diatas 50%.

Pada dasarnya, walaupun emas dan perak tidak mengalami banyak kenaikan pada minggu lalu, kedua-duanya mengalami rally pada hari Jumat setelah laporan NFP yang mengecewakan, paling tidak didalam hal yang utamanya. Dengan minimnya berita diawal minggu ini, pasar akan terus menggali laporan pekerjaan yang terbaru. Pada akhir minggu, jika laporan yang berhubungan dengan konsumen yaitu penjualan eceran dan sentimen konsumen lebih rendah dari perkiraan pasar, hal ini bisa menambah “bearish” sentimen pasar dan memicu pembelian metal berharga yang lebih banyak.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here