Produksi Industri Jerman Maret Merosot Dua Bulan Berturut

465

Produksi industri Jerman merosot lebih dari yang diperkirakan pada bulan Maret, sebagai penurunan kedua berturut-turut yang terjadi karena berkurangnya permintaan di negara ekonomi terbesar Eropa tersebut.

Produksi industri, yang disesuaikan secara musiman, turun 1,3 persen dari bulan sebelumnya, hasil revisi 0,7 persen, data dari Kementerian Ekonomi di Berlin yang dirilis Selasa (10/05). Ekonom dalam survei Bloomberg telah memprediksikan penurunan 0,2 persen. Produksi industri naik 0,3 persen dari tahun sebelumnya.

germany-industrial-production-mom (1)

Perlambatan pertumbuhan global telah menyebabkan ekonomi Jerman untuk semakin bergantung pada permintaan domestik, didukung oleh rekor terendah pengangguran. Namun kepercayaan bisnis memburuk bulan lalu dan Bundesbank mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan perlambatan momentum di kuartal kedua di tengah tekanan global seperti perlambatan di Tiongkok.

Konstruksi turun 3,2 persen dari bulan Februari, sementara barang setengah jadi menurun 1,3 persen. Produksi barang investasi turun 1,4 persen dan barang konsumsi turun 0,2 persen. Manufaktur turun 1,2 persen. Energi naik 0,3 persen.

Lihat : Pesanan Pabrik Jerman Maret Melonjak

Data pesanan pabrik dipublikasikan Senin mengisyaratkan bahwa produksi industri harus naik dalam beberapa bulan mendatang. Pesanan melonjak 1,9 persen pada Maret, sebagai rebound ekspor dari luar kawasan euro membantu kenaikan dalam permintaan domestik yang lamban.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here