Awal Bursa Eropa 11 Mei Tertekan Pelemahan Sektor Perbankan Dan Minyak Mentah

380

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdagangan saham hari Rabu (11/05), tertekan kinerja negatif sektor perbankan dan pelemahan harga minyak mentah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.139,28, turun -17,37 poin atau -0,28%

Indeks DAX berada pada posisi 9.999,60, turun -45,84 poin atau -0,46%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.299,72, turun -38,49 poin atau -0,89%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.687,20, turun -88,00 poin atau -1,00%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun sekitar 0,68 persen.

Lihat : Bursa Eropa 10 Mei Bergerak Naik Terdukung Rebound Minyak Mentah

Harga minyak merosot pada perdagangan sesi Asia hari Rabu (11/05), terganjal peningkatan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat.

Kelompok industri American Petroleum Institute (API) mengatakan pada hari Selasa bahwa persediaan minyak mentah AS naik 3,45 juta barel menjadi rekor 543.100.000 barel pada minggu yang berakhir 6 Mei.

Harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) turun 8 sen di $ 44,58 per barel. Sedangkan harga minyak mentah berjangka patokan Internasional Brent diperdagangkan pada $ 45,49 per barel pada 0153 GMT, turun 3 sen dari pemukiman terakhir mereka.

Di sisi pendapatan, perusahaan bir Denmark Carlsberg mempertahankan proyeksi 2016 yang meskipun penurunan penjualan pada kuartal pertama karena penurunan di Tiongkok dan efek mata uang negatif, mengirimkan saham sedikit lebih rendah.

Saham Alstom naik tajam melaporkan laba bersih € 3000000000 untuk tahun hingga 31 Maret setelah mencatat kerugian € 719.000.000 pada tahun sebelumnya dan juga melaporkan kenaikan 7 persen dalam penjualan.

Perusahan telekomunikasi Belanda Altice mengkonfirmasi proyeksi setahun penuh untuk 2016 setelah penghasilan intinya disesuaikan naik hanya 0,9 persen pada kuartal pertama tahun ini, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Perusahaan iklan Perancis JCDecaux diperdagangkan lebih dari 9 persen lebih rendah setelah HSBC dan Barclays menurunkan target harga untuk saham. Sementara itu, kelompok Travel TUI mengkonfirmasi proyeksi laba setahun penuh dan mengatakan akan menjual kelompok spesialis untuk liburan, mengirimkan saham yang lebih rendah.

Perusahaan Jerman Allianz melaporkan kenaikan 18,5 persen laba bersih kuartal pertama namun unit pengelolaan aset Pimco melihat 10100000000 € di arus keluar bersih pihak ketiga. Kepala Keuangan Allianz Dieter Wemmer mengatakan ia mengharapkan “arus bersih positif di Pimco pada semester kedua tahun ini”. Saham perusahaan diperdagangkan sedikit lebih rendah.

Sementara itu penerbit Axel Springer mencatat kenaikan 5,2 persen laba inti dalam tiga bulan pertama tahun ini, namun saham turun lebih dari 4,5 persen.

Perusahaan Jerman, Deutsche Post berada di wilayah positif setelah menegaskan kembali proyeksi setahun penuh dan melaporkan kenaikan 21 persen pada laba kuartal pertama.

Pengecer Metro diperdagangkan lebih tinggi setelah mengatakan penjualan kuartal kedua turun 0,9 persen tahun-ke-tahun tapi naik 1,7 persen di pasar dalam negeri dari Jerman.

Utilitas E. ON mengatakan laba inti kuartal pertama naik 8 persen dibantu oleh kontrak pasokan gas jangka panjang dengan Gazprom, namun saham berada di zona merah.

Sektor perbankan Italia menjadi fokus. Saham Banco Popolare turun lebih dari 6 persen dan sebentar dihentikan dari perdagangan setelah membukukan rugi bersih kejutan kuartal pertama pada Selasa. Pada hari Rabu, Barclays menurunkan target harga untuk saham.

Banca Popolare di Milano melihat saham turun lebih dari 4 persen setelah melaporkan Selasa penurunan 29 persen laba bersih kuartal pertama.

Pada hari Selasa, Unicredit membukukan laba bersih pasar di kuartal pertama 2016, tapi itu lebih rendah dari tahun ke tahun. Saham turun tajam sebagai hasilnya.

Di tempat lain, Bank Austria Raiffeisen Bank International dan kelompok yang tidak terdaftar Raiffeisen Zentralbank mengatakan mereka akan melihat ke dalam apakah mereka harus bergabung untuk meningkatkan cadangan modal yang terakhir. Saham Raiffeisen Bank International yang 7,7 persen lebih rendah.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah mingguan AS oleh EIA yang diindikasikan menurun. Jika hasil ini terealisir akan menguatkan harga minyak mentah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak naik jika harga minyak mentah terealisir menguat. Namun juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan pergerakan saham perbankan yang dapat mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here