Optimisme Konsumen Australia Melonjak Setelah Pemotongan Suku Bunga

347

Kepercayaan konsumen Australia melonjak dalam seminggu setelah anggaran, tapi Westpac mengatakan hasilnya adalah lebih mungkin telah didorong oleh penurunan suku bunga pada hari anggaran, demikian rilis dari Westpac – Melbourne Institute pada Rabu (10/05).

Indeks Sentimen Konsumen Westpac – Melbourne Institute melonjak 8,5 persen pada Mei dari hasil April. Hasil 103,2, menunjukkan optimis lebih besar daripada pesimis, dan hasil indeks adalah yang terkuat sejak Januari tahun 2014.

australia-consumer-confidence (2)

Dengan survei diambil setelah hari anggaran, biasanya yang akan diharapkan menjadi pengaruh besar. Namun, kepala ekonom Westpac Bill Evans mengatakan analisis bank menunjukkan bahwa penggerak dominan kenaikan itu adalah penurunan suku bunga, juga pada hari anggaran.

“Empat penurunan suku bunga terakhir telah melihat kenaikan indeks rata-rata 6,6 persen, dengan keuntungan berkisar dari 3,5 persen menjadi 8,5 persen.

“Pendukung pandangan ini telah terjadi peningkatan 15 persen menakjubkan dalam survey kepercayaan responden yang saat ini memiliki hipotek.”

Pandangan ini didukung oleh sebuah pertanyaan khusus pada tanggapan terhadap anggaran.

Pada -22,4 persen indeks ini menunjukkan lebih banyak orang mengira anggaran akan memiliki negatif daripada efek positif pada keuangan keluarga mereka selama tahun depan.

Namun, ini sebenarnya adalah respon paling positif kedua sejak Westpac mulai menanyakan pertanyaan ini pada tahun 2010, dengan setiap anggaran dinilai sebagai membuat orang lebih buruk secara keseluruhan.

Ini adalah respon seperti yang diterima oleh anggaran terakhir Joe Hockey di tahun 2015, dan perbaikan yang luas pada anggaran pertama bencana Pemerintah Koalisi yang mencetak -56,1 persen.

Laporan ini mencatat bahwa aspek lain dari survei ini adalah positif, dengan penilaian keuangan keluarga dibandingkan tahun lalu naik 3,2 persen dan prospek keuangan keluarga selama tahun depan naik 7,2 persen.

Penilaian konsumen terhadap prospek ekonomi membaik bahkan lebih melonjak, 13,2 persen untuk proyeksi satu tahun dan hampir 15 persen selama lima tahun.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here