Penjualan Kendaraan Tiongkok April Naik 8 Kali Dalam 9 Bulan

306

Penjualan kendaraan penumpang Tiongkok naik untuk kedelapan kalinya dalam sembilan bulan, dengan General Motors Co dan Toyota Motor Corp melaporkan peningkatan pengiriman pada bulan April setelah dealer menawarkan diskon untuk mengurangi stok.

Penjualan ritel mobil, SUV dan kendaraan serbaguna naik 6,4 persen menjadi 1,72 juta unit bulan lalu, menurut China Passenger Car Association. Deliveries. Pengiriman naik 6,7 persen menjadi 7,36 juta unit dalam empat bulan pertama tahun ini.

Dealer di Tiongkok menawarkan diskon rata-rata 18 persen dari harga jual mobil yang direkomendasikan, menurut perkiraan oleh Bank of America Merrill Lynch. Tingkat persediaan, yang diukur dengan jumlah hari dealer perlu menjual persediaannya, tetap di atas apa yang dianggap sehat selama delapan bulan berturut-turut, data dari China Automobile Dealer Association menunjukkan. Pemerintah Tiongkok mengenakan pajak pembelian untuk model mesin yang lebih kecil per Oktober untuk menopang pilar utama ekonomi.

Penjualan Sport utility vehicle melonjak 36 persen bulan lalu dan penjualan kendaraan serbaguna naik 2,7 persen, sedangkan penjualan mobil menurun 4,5 persen, menurut asosiasi.

Sebuah konfirmasi pada situs web yang populer harga mobil Bitauto menunjukkan dealer menawarkan diskon sebanyak 35 persen untuk model termasuk Jetta dan Polo, Volkswagen AG, sedan BYD Co ‘F0 dan F3 dan Ford Motor Co Fiesta.

Penjualan GM di Tiongkok naik 7,5 persen menjadi 277.979 unit bulan lalu, dengan pengiriman SUV dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Penjualan Toyota di dalam negeri naik 9,2 persen menjadi 101.100 kendaraan. Di antara pembuat mobil lokal, FAW Car Co mengalami persaingan sengit dalam melaporkan pengiriman yang merosot 37 persen menjadi 13.608 unit.

Mobil lokal telah meningkatkan pangsa mereka dari pasar berkat penumpang kendaraan untuk model SUV entry-level. Pangsa pasar merek lokal naik 1,8 poin persentase pada kuartal pertama menjadi 45 persen, menurut China Association of Automobile Manufacturers.

Tiongkok harus menahan diri dari menggunakan kebijakan jangka pendek seperti pemotongan pajak pembelian tahun lalu untuk merangsang penjualan mobil.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here