Bank Sentral Filipina Pertahankan Tingkat Suku Bunga Pada 4 Persen

395

Filipina mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah untuk 13 pertemuan berturut-turut, dengan pertumbuhan ekonomi terlihat dipercepat dengan adanya pengeluaran pemilu dan pengeluaran negara yang lebih tinggi.

Bangko Sentral ng Pilipinas mempertahankan suku tetap 4 persen, demikian rilis di Manila, Kamis (12/05), seperti yang diperkirakan oleh 14 dari 15 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Pembuat kebijakan juga menetapkan tingkat pada apa yang disebut rekening deposito khusus pada 2,5 persen, seperti yang diperkirakan oleh semua tujuh analis.

philippines-interest-rate (1)

Investor mengandalkan Gubernur bank sentral Amando Tetangco untuk memberikan stabilitas dengan masuknya presiden baru Rodrigo Duterte, seorang walikota yang tegas yang memenangkan pemilu 9 Mei dan yang belum memberikan kejelasan tentang rencana ekonominya. Pertumbuhan ekonomi diperkirakan oleh pemerintah melebihi 6 persen tahun ini.

Bank sentral Filipina juga menetapkan prakiraan inflasi tidak berubah, memprediksi rata-rata 2,1 persen untuk tahun ini dan 3,1 persen untuk 2017.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here