Dollar AS Sesi Eropa Berjaya Kembali, Kurs Komoditas Unggul

332

Masuki perdagangan forex sesi Eropa Kamis siang (12/05) dollar AS berjaya kembali dengan berhasil melawan semua rival utamanya. Dalam perdagangan hari ini tampak kekhawatiran pasar akan kondisi ekonomi global surut kembali dan optimis dengan prospek kenaikan lanjutan suku bunga the Fed tahun ini.

Sore ini terpantau dollar hanya menyerah terhadap kurs komoditas kecuali terhadap aussie dollar yang alami profit taking sejak perdagangan sesi Asia. Seiring kuatnya harganya minyak mentah pada perdagangan spot sesi Eropa kurs dollar Canada dan kiwi dollar berhasil lanjutkan rally untuk hari kedua berturut.

Harga minyak mentah kembali rally setelah pernyataan ekspektasi EIA yang menyebutkan berlebihnya pasokan minyak mentah dunia akan menyusut secara dramatis. Pertimbangan EIA setelah data pasokan minyak mentah AS menunjukkan penurunan yang signifikan sehingga tinggikan harga minyak mentah tersebut.

Untuk pergerakan selanjutnya, dollar AS sesi malam dapat saja berbalik menyusut terhadap rivalnya jika data unemployment claim mingguan AS menunjukkan data yang mengecewakan alias jumlah prang yang mengapply klaim pengangguran bertambah.

Indeks dolar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap enam mata uang utama perdagangan sesi Eropa sore ini  naik 0,1 persen setelah dibuka pada posisi 93,84 dan bergulir pada posisi 93,96. Perdagangan sebelumnya indeks dollar AS  turun 0,5 persen menjadi 93,82, bergerak menjauh dari dua minggu tertinggi di posisi 94,356.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here