Produksi Industri Zona Eropa Maret Merosot Tajam

622

Produksi industri zona eropa turun tajam untuk bulan kedua berturut-turut di bulan Maret, memberikan indikasi bahwa pemulihan ekonomi kawasan mata uang tunggal tersebut akan tetap moderat meskipun berawal lebih kencang dari tahun ke tahun.

Ekonomi zona eropa naik di tiga bulan pertama tahun ini, tumbuh dua kali lebih cepat seperti yang terjadi pada kuartal akhir 2015. Tetapi kejutan penurunan produksi dari pabrik, tambang dan utilitas selama Maret menyarankan terjadi kehilangan momentum untuk menutup kuartal.

euro-area-industrial-production (2)

Lembaga statistik Uni Eropa, Eurostat mengatakan pada hari Kamis (12/05) bahwa produksi industri turun 0,8% dari bulan Februari, dan hanya 0,2% lebih tinggi dari pada bulan Maret 2015. Itu adalah hasil yang jauh lebih lemah daripada yang diantisipasi, dengan ekonom yang disurvei oleh The Wall Street Journal pekan lalu setelah diperkirakan keluaran tidak berubah pada bulanan.

euro-area-industrial-production-mom (3)

Eurostat juga memangkas estimasi untuk produksi pada bulan Februari dan sekarang menghitung bahwa itu turun 1,2% dari Januari, setelah sebelumnya mencatat penurunan 0,8%.

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Turun Mengikuti Pelemahan Wall Street

Penurunan pada bulan Februari dan Maret setelah kenaikan besar dalam produksi selama Januari menyarankan produksi industri memberikan kontribusi sedikit untuk pertumbuhan selama kuartal secara keseluruhan. Juga berarti ada kemungkinan Eurostat akan menurunkan estimasi pertumbuhan selama kuartal berikutnya ketika merilis angka-angka baru hari Jumat. Pada akhir April, itu mengatakan produk domestik bruto tumbuh 0,6% selama kuartal pertama, dua kali lipat tingkat pada kuartal keempat 2015.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here