Rupiah Jumat Siang Sejalan Dengan Pelemahan Kurs BI

279

Hingga perdagangan akhir pasar spot valas sesi Asia Jumat siang  (13/05), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya masih menunjukkan pergerakan negatif seiring dengan  pelemahan kurs yang dilakukan BI hari ini. BI lemahkan nilai rupiah baik kurs jisdor maupun kurs transaksi antar bank. Untuk dollar AS siang ini terpantau masih menunjukkan kekuatannya.

Merespon pergerakan negatif kurs rupiah  hingga siang ini, penarikan dana investor asing di bursa saham masih terus berlanjut sehingga  terpantau net sell mencapai Rp36 miliar. Aksi investor asing ini turut membuat  IHSG terpukul  dan indeks anjlok 0,8% ke posisi 4763.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 0,18% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13323/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13318/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke 13311 dari posisi 13299 perdagangan hari Kamis (12/05), sedangkan kurs transaksi antar bank  diperlemah ke posisi 13378 setelah perdagangan sebelumnya 13365.

Dan untuk pergerakan kurs rupiah hingga akhir pasar spot hari ini semakin lemah hingga akhir perdagangan  sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13339  resistance  13298 per dollar.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here