Bank Sentral Korea Pertahankan Suku Bunga Tetap 11 Bulan Berturut

422

Bank sentral Korea Selatan mempertahankan suku bunga stabil pada 1,5 persen pada hari Jumat (13/05), memperpanjang suku bunga tetap untuk 11 bulan berturut-turut.

Bank of Korea telah mempertahankan tingkat kebijakan sejak Juni 2015 setelah mengirimnya ke tingkat rekor terendah untuk membantu mendorong pertumbuhan di ekonomi terbesar keempat di Asia.

south-korea-interest-rate (4)

Keputusan Jumat oleh dewan kebijakan moneter BOK muncul di tengah tanda-tanda lanjutan dari ekonomi yang kendur.

Ekspor Korea Selatan telah jatuh setiap bulan sejak awal tahun lalu, posting 11,2 persen terjun ke tahun di bulan April yang juga diikuti 13,1 persen penurunan pada tahunan dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Konsumsi domestik, salah satu dari dua pilar utama pertumbuhan di sini, juga telah semakin berkurang, dengan kenaikan harga konsumen yang terjadi di kisaran 1 persen rendah selama tiga bulan berturut-turut sejak Februari.

Namun, banyak yang mengantisipasi penghenti laju Mei, mengutip keprihatinan atas meningkatnya utang rumah tangga.

Kredit rumah tangga, yang mencakup pinjaman rumah tangga dan pembelian kredit, datang ke rekor tinggi 1.207 triliun won pada akhir tahun lalu, dan dilaporkan terus berkembang.

Pada hari Kamis, bank sentral mengatakan pinjaman rumah tangga yang diberikan oleh bank lokal naik 5,3 triliun won pada bulan April menjadi ₩ 654.3 triliun.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here