Bursa Eropa 13 Mei Bergerak Lemah Mengikuti Bursa Wall Street Dan Asia

312

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada awal perdagangan Jumat (13/05) mengikuti penurunan bursa Wall Street dan bursa Asia serta pelemahan dalam harga minyak mentah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.072,47, turun -31,72 poin atau -0,52%

Indeks DAX berada pada posisi 9.805,75, turun -56,37 poin atau -0,57%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.268,04, turun -25,23 poin atau -0,59%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.644,30, turun -18,80 poin atau -0,22%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,59 persen.

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Turun Mengikuti Pelemahan Wall Street

Sektor otomotif adalah salah satu pemain terburuk di awal perdagangan meskipun penjualan mobil Eropa naik 9 persen pada April, menurut Association of European Carmakers (ACEA)

BMW mengatakan penjualan global April naik 1,9 persen tahun-ke-tahun, dibantu oleh pertumbuhan yang kuat dengan merek MINI, tetapi saham yang turun lebih dari 4 persen dengan perdagangan saham ex-dividend pada hari Jumat. Pendaftaran mobil baru Daimler pada bulan April naik 21,2 persen tahun-ke-tahun pada April, menurut ACEA, namun saham lebih rendah.

Saham Volkswagen juga melemah tajam meskipun juga melaporkan kenaikan dalam pendaftaran mobil baru pada bulan April. Renault adalah salah satu titik terang, dengan saham positif, setelah mitra aliansi Nissan setuju untuk mengambil saham 34 persen di Mitsubishi Motors, Rabu.

Pasar di Asia mundur pada hari Jumat, dengan saham Jepang mendapat tekanan dari kekuatan yen terhadap dolar.

Bursa Saham AS ditutup sebagian besar lebih rendah Kamis, terbebani oleh penurunan dalam sektor perawatan kesehatan dan teknologi.  Indeks Dow Jones ditutup naik 0,05 persen, di 17,720.50, dengan kenaikan saham Nike. Indeks S & P 500 ditutup turun 0,02 persen, pada 2,064.11, dengan penurunan sektor perawatan kesehatan. Indeks Nasdaq ditutup turun 0,49 persen, pada 4,737.33

Lihat :Akhir Bursa Wall Street Terbebani Sektor Perawatan Kesehatan Dan Teknologi

Di sisi pendapatan, Bouygues mengkonfirmasi proyeksi setahun penuh setelah kerugian operasional untuk kuartal pertama menyusut berkat perbaikan di unit telekomunikasi, mengirimkan saham lebih dari 4 persen lebih tinggi.

Sektor media terseret oleh penurunan 27 persen pada Eutelsat Communications setelah sejumlah broker termasuk HSBC dan Barclays menurunkan target harga untuk saham.

Dalam ruang perbankan, saham UBI Banca yang berada di wilayah positif setelah Citigroup menaikkan target harga untuk saham. Dan UBS adalah merah setelah Societe Generale memotong prospek pada saham dari “beli” untuk “menahan”.

Sore ini telah dirilis estimasi pertumbuhan ekonomi Zona Eropa kuartal pertama tahun 2016 yang membukukan hasil penurunan dari ekspektasi. Secara kuartalan catatkan hasil 0,5%, turun dari ekpektasi ekonom 0,6%. Secara tahunan catatkan hasil 1,5%, turun dari ekpektasi ekonom 1,6%.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan bergerak lemah dengan turunnya estimasi pertumbuhan ekonomi kuartal pertama. Namun akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang juga akan mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here