Pertumbuhan Ekonomi Zona Eropa Q1-2016 Naik Tipis Didukung GDP Jerman

467

Ekonomi zona euro naik sedikit dari yang diperkirakan selama tiga bulan pertama tahun ini, meskipun didukung kinerja pertumbuhan ekonomi terkuat oleh Jerman dalam dua tahun.

Angka yang dirilis Jumat oleh lembaga statistik Uni Eropa, Jumat (13/04), menunjukkan pertumbuhan ekonomi zona euro tumbuh pada kuartal pertama, berbeda dengan perlambatan yang tercatat di AS dan Inggris.

Tapi angka revisi menunjukkan ekonomi zona euro tumbuh sedikit kurang cepat dari yang diperkirakan, sementara para ekonom mengharapkan ekspansi moderat lebih pada kuartal pertama dan kuartal mendatang.

euro-area-gdp-growth (1)

Eurostat mengatakan produk domestik bruto di zona euro kuartal pertama tahun 2016 meningkat 0,5% dibandingkan kuartal sebelumnya, setara dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 2,1%. Akhir bulan lalu, diperkirakan pertumbuhan 0,6%, atau tingkat tahunan sebesar 2,2%.

Kenaikan pertumbuhan dari tingkat 0,3% kuartal-ke-kuartal yang tercatat dalam tiga bulan terakhir tahun lalu, didorong oleh percepatan Jerman, anggota terbesar zona euro.

Lihat : Ekonomi Jerman Q1-2016 Tumbuh Dua Kali Lipat

Kantor Statistik Federal mengatakan GDP Jerman naik 0,7% dalam tiga bulan pertama tahun ini, lebih dari dua kali lipat tingkat pertumbuhan pada kuartal keempat tahun 2015. Hal ini berarti tingkat tahunan sebesar 2,7%.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here