Awal Bursa Eropa 16 Mei Bergerak Lemah Terganjal Pelemahan Data Tiongkok

303

Pasar saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada hari Senin setelah datangnya data eknomi yang lemah dari Tiongkok.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 turun 0,51 persen. Pasar di Jerman, Denmark, Austria, Norwegia dan Swiss ditutup untuk libur publik.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.120,31, turun -18,19 poin atau -0,30%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.281,61, turun -38,38 poin atau -0,89%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.614,90, turun -106,60 poin atau -1,22%

Lihat : Bursa Eropa 13 Mei Bergerak Lemah Mengikuti Bursa Wall Street Dan Asia

Biro Nasional Statistik Tiongkok merilis pada hari Minggu menunjukkan bahwa investasi, produksi industri dan penjualan ritel semua tumbuh lebih lambat dari yang diharapkan pada bulan April, meningkatkan kekhawatiran atas kesehatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Penjualan ritel barang konsumsi Tiongkok tumbuh 10,1 persen secara tahunan di bulan April, turun dibandingkan dengan pertumbuhan 10,5 persen untuk Maret, data resmi pemerintah menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, penjualan ritel naik 10,3 persen YoY, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Penjualan Ritel Tiongkok April Retreat

Produksi industri Tiongkok, indikator ekonomi yang penting, diperluas 6 persen secara tahunan di bulan April, mundur dari kenaikan 6,8 persen untuk bulan Maret, data resmi menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, produksi industri naik 5,8 persen dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Produksi Industri Tiongkok April Melambat

Sektor pertambangan, yang biasanya datang di bawah tekanan setelah data Tiongkok yang lemah, tetap tangguh. Saham Anglo American naik 4,4 persen sementara BHP Billiton berada di wilayah positif setelah Credit Suisse menaikkan target harga untuk saham.

Penambang logam mulia penambang Randgold Resources dan Fresnillo berdua juga naik berkat yang kenaikan lebih tinggi untuk harga emas.

Produsen platina Lonmin melaporkan $ 35 juta core profit untuk enam bulan hingga 31 Maret, naik dari $ 6 juta pada periode yang sama tahun lalu. Berita itu mengirim saham naik tajam.

Di tempat lain, harga minyak terus bergerak lebih tinggi. Harga minyak mentah berjangka internasional Brent naik sekitar 2,1 persen dari pemukiman terakhir mereka setelah Goldman Sachs mengatakan, pasar bergeser ke defisit Mei karena menurunnya produksi.

Sementara itu, BP telah mengakuisisi tambahan 16 persen dalam pengembangan Culzean di Inggris Raya Tengah Laut Utara dari JX Nippon, dua kali lipat sahamnya di proyek tersebut. BP sekarang memiliki bunga 32 persen dalam pengembangan, mengirimkan saham di utama minyak sedikit lebih tinggi.

Dalam berita lainnya, pengecer pakaian H & M melaporkan 5 persen kenaikan tahun-ke-tahun dalam penjualan pada bulan April. Perusahaan mengatakan musim semi dingin di pasar utama “memiliki dampak yang kurang baik pada penjualan pakaian transisi”. H & M berada di teritori negatif.

Dan Philips mengatakan akan menjual 37,5 juta saham dalam penawaran umum perdana saham dalam bisnis pencahayaan di 18,50-22,50 per saham. Ini berarti Philips sedang berusaha mengumpulkan dana setidaknya € 694.000.000 ($ 785.000.000) dengan menjual 25 persen saham dalam bisnis. Sahamnya naik lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang juga akan mempengaruhi pergerakan bursa Eropa selanjutnya.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here