Awal Indeks Hang Seng 16 Mei Bergerak Menuju Tertinggi 1 Bulan

774
Vibizmedia Photo

Pada awal perdagangan bursa Hong Kong Senin (16/05), indeks Hang Seng bergerak positif, saat ini terpantau naik 240,42 poin atau 1,22% pada 19959.71. Indeks Hang Seng rebound setelah indeks memasuki koreksi teknis pekan lalu, mengabaikan data ekonomi yang lemah. Kenaikan indeks juga terdukung saham broker yang rally.

Lihat : Bursa Hong Kong 13 Mei Turun Terendah 2 Bulan; Mingguan Merosot 2 Persen

Indeks Hang Seng menuju kenaikan terbesar dalam satu bulan. Saham Citic Securities Co menguat untuk pertama kalinya dalam 13 hari. Indeks Hang Seng menghentikan slide tiga hari. Indikator teknis menunjukkan indeks Hong Kong mendekati level oversold pekan lalu.

Kenaikan bursa Hong Kong mengabaikan pelemahan bursa Wall Street dan buruknya data ekonomi Tiongkok yang sempat menekan bursa Shanghai di awal perdagangan.

Lihat : Bursa Wall Street Akhir Pekan Turun; Dow Jones Dan S&P Turun 3 Minggu Berturut

Lihat : Indeks Shanghai 16 Mei Bergerak Flat Mencerna Buruknya Data Ekonomi

Kenaikan indeks juga mengabaikan hasil buruk dalam data pertumbuhan ekonomi Hong Kong kuartal pertama.

Ekonomi Hong Kong menyusut pada kuartal pertama dibandingkan kuartal akhir 2015, tergerus pelemahan ekspor dan belanja konsumen, yang semakin menimbulkan kekuatiran perkembangan ekonomi negara Hong Kong.

Hong Kong juga telah diterpa perlambatan Tiongkok. Kemerosotan pengunjung dari daratan, penjualan ritel yang lemah dan penurunan harga aset telah dikombinasikan untuk menempatkan perekonomian di ambang resesi.

Ekonomi Hong Kong yang bergantung pada perdagangan ini kontraksi 0,4 persen pada kuartal pertama, yang merupakan kontraksi pertama kali dalam hampir dua tahun.

Lihat : Ekonomi Hong Kong Q1-2016 Menyusut Pertama Kali Dalam 2 Tahun

Kenaikan harga minyak mentah juga mendukung bursa Hong Kong. Harga minyak menguat pada Senin di Asia, dengan harga minyak mentah patokan global Brent naik 0,79 persen menjadi $ 48,21 per barel, sementara harga minyak mentah berjangka AS ditambahkan 0,71 persen menjadi $ 46,55.

Sementara itu pergerakan indeks berjangka Hang Seng pagi ini terpantau naik 222,00 poin atau 1,13% pada 19,826.00, naik dari penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,604.00.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hang Seng selanjutnya berpotensi melemah terbatas dengan pelemahan bursa Wall Street dan kekuatiran ekonomi Tiongkok serta domestik. Indeks Hang Seng diperkirakan akan bergerak di kisaran Support 19.325-18.835 dan kisaran Resistance 20.359-20.849.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here