Harga Karet Tocom 16 Mei Berakhir Turun Tertekan Kekuatiran Tiongkok

370

Harga karet alami berjangka Tocom pada penutupan perdagangan Senin siang (16/05) berakhir turun. Pelemahan harga karet Tocom tertekan kekuatiran ekonomi Tiongkok.

Data ekonomi Tiongkok yang dirilis akhir pekan kemarin membukukan hasil yang lemah, sehingga menimbulkan kekuatiran permintaan dari negara Tiongkok maupun negara lain yang terpengaruh karena pelemahan Tiongkok ini.

Ukuran terluas pinjaman baru Tiongkok naik kurang dari yang diharapkan bulan lalu, menunjukkan bahwa bank sentral mulai menahan banjir pinjaman di tengah peringatan dari para pejabat tentang potensi efek samping dari berlebihnya utang.

Pembiayaan agregat 751 miliar yuan ($ 115 miliar) pada April, Bank Rakyat Tiongkok mengatakan pada Jumat (13/05), di bawah semua perkiraan 26 analis dalam survei Bloomberg. pinjaman yuan baru yang 555,6 miliar yuan, dibandingkan dengan estimasi median untuk 800 miliar yuan.

Lihat : Bank Sentral Tiongkok Menahan Kredit Baru

Penjualan ritel barang konsumsi Tiongkok tumbuh 10,1 persen secara tahunan di bulan April, turun dibandingkan dengan pertumbuhan 10,5 persen untuk Maret, data resmi pemerintah menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, penjualan ritel naik 10,3 persen YoY, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Penjualan Ritel Tiongkok April Retreat

Produksi industri Tiongkok, indikator ekonomi yang penting, diperluas 6 persen secara tahunan di bulan April, mundur dari kenaikan 6,8 persen untuk bulan Maret, data resmi menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, produksi industri naik 5,8 persen dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Produksi Industri Tiongkok April Melambat

Pada perdagangan hari ini, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan Oktober 2016 ditutup melemah sebesar -1,1 yen menjadi 172,0 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 173,1 yen per kilogram.

Pada sesi perdagangan siang ini harga karet Tocom sempat menyentuh posisi terendah 171,0, yang merupakan posisi terendah sejak 17 Maret.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan sentimen pelemahan Yen dan kenaikan minyak mentah.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan menembus level Resistance di 177,00 yen dan 182,00 yen. Harga akan menemui Support pada level 167,00 dan 162,00 yen jika harga turun ke teritori negatif.

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here