Indeks Shanghai 16 Mei Berakhir Naik Terpicu Pernyataan Regulator Sekuritas

465
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Senin (16/05), indeks Shanghai berakhir naik 23,83 poin, atau 0,84 persen, ke 2850.93. Penguatan indeks Shanghai dipicu setelah regulator sekuritas membantah laporan media yang menyatakan regulator menindak penggalangan dana dan merger dan akuisisi di sektor-sektor tertentu, membantu untuk mengimbangi data ekonomi April yang mengecewakan.

Lihat : Indeks Shanghai 16 Mei Bergerak Flat Mencerna Buruknya Data Ekonomi

Ukuran terluas pinjaman baru Tiongkok naik kurang dari yang diharapkan bulan lalu, menunjukkan bahwa bank sentral mulai menahan banjir pinjaman di tengah peringatan dari para pejabat tentang potensi efek samping dari berlebihnya utang.

Pembiayaan agregat 751 miliar yuan ($ 115 miliar) pada April, Bank Rakyat Tiongkok mengatakan pada Jumat (13/05), di bawah semua perkiraan 26 analis dalam survei Bloomberg. pinjaman yuan baru yang 555,6 miliar yuan, dibandingkan dengan estimasi median untuk 800 miliar yuan.

Lihat : Bank Sentral Tiongkok Menahan Kredit Baru

Penjualan ritel barang konsumsi Tiongkok tumbuh 10,1 persen secara tahunan di bulan April, turun dibandingkan dengan pertumbuhan 10,5 persen untuk Maret, data resmi pemerintah menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, penjualan ritel naik 10,3 persen YoY, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Penjualan Ritel Tiongkok April Retreat

Produksi industri Tiongkok, indikator ekonomi yang penting, diperluas 6 persen secara tahunan di bulan April, mundur dari kenaikan 6,8 persen untuk bulan Maret, data resmi menunjukkan Sabtu (14/05).

Dalam empat bulan pertama, produksi industri naik 5,8 persen dari tahun sebelumnya, menurut Biro Statistik Nasional (NBS).

Lihat : Produksi Industri Tiongkok April Melambat

Pasar telah jatuh selama empat minggu berturut-turut di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa baru-baru ini kenaikan dalam kegiatan ekonomi Tiongkok mungkin tergelincir lagi.

Keyakinan juga terkena pekan lalu oleh laporan media mengatakan Tiongkok akan menangguhkan dana tambahan dan M & As di empat industri, termasuk keuangan online, game, film dan virtual reality.

Tapi kebanyakan saham di sektor tersebut naik pada hari Senin setelah regulator sekuritas membantah laporan akhir pada hari Jumat dan mengatakan akan terus mendukung M & As sebagai emiten yang berkualitas, dengan tidak ada perubahan kebijakan yang ada.

Semua sektor utama naik, dengan saham IT memimpin peningkatan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai berpotensi sideways cenderung melemah dengan kekuatiran ekonomi Tiongkok. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2732-2608 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2966-3098.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center

Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here