Rupiah Senin Siang Berbalik Tekan Dollar

279

Hingga perdagangan akhir pasar spot valas sesi Asia Senin siang  (16/05), kurs rupiah yang dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya berhasil keluar dari zona merah dan bergerak positif dengan volume penguatan yang tipis. Penguatan rupiah siang ini sejalan dengan pergerakan negatif dollar AS terhadap banyak rival utamanya di pasar spot global.

Lihat: Kondisi Dollar AS Senin Siang Dipatahkan Kurs Komoditas

Merespon pergerakan positif kurs rupiah hingga siang ini, penarikan dana investor asing di bursa saham masih terus berlanjut sehingga  terpantau net sell mencapai Rp91 miliar.  Aksi investor asing ini turut membuat  IHSG terpukul  dan indeks anjlok 0,6% ke posisi 4732.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,11% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13310/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13358/US$. Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu diperlemah dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  melemah ke 13328 dari posisi 13311 perdagangan hari Jumat(13/05), sedangkan kurs transaksi antar bank  diperlemah ke posisi 13395 setelah perdagangan sebelumnya 13378.

Dan untuk pergerakan kurs rupiah hingga akhir pasar spot hari ini semakin lemah hingga akhir perdagangan  sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13359  resistance  13307 per dollar.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here