Bursa Eropa 17 Mei Berawal Naik Terdorong Rally Minyak Mentah

746

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada awal perdagangan hari Selasa (17/05) terdorong rally harga minyak.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,07 persen.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.212,01, naik 60,61 poin atau 0,99%

Indeks DAX berada pada posisi 10.043,57, naik 90,67 poin atau 0,91%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.357,49, naik 45,21 poin atau 1,05%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.800,80, naik 118,70 poin atau 1,37%

Lihat : Awal Bursa Eropa 16 Mei Bergerak Lemah Terganjal Pelemahan Data Tiongkok

Pasar Eropa mengikuti jejak pasar saham Asia, yang sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi pada Selasa karena saham energi rally terdorong kenaikan harga minyak.

Pada sesi perdagangan Eropa, minyak mentah berjangka Brent diperdagangkan 0,76 lebih tinggi dari pemukiman terakhir mereka. Saham-saham minyak dan gas diperdagangkan lebih tinggi.

Kenaikan dalam minyak juga membantu sentimen harga logam mendorong saham pertambangan yang lebih tinggi. Saham Anglo American naik lebih dari 4 persen lebih tinggi sedangkan saham BHP Billiton dan Glencore juga di wilayah positif.

Di sisi pendapatan, Vodafone melaporkan laba inti dari 11,6 miliar pound untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2016, naik 2,7 persen tahun-ke-tahun. Operator telekomunikasi tersebut mengatakan mereka memperkirakan pertumbuhan untuk dipercepat pada tahun 2017, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Perusahaan telekomunikasi Perancis Iliad melihat pendapatan naik 6,6 persen tahun-ke-tahun pada kuartal pertama, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Di tempat lain, di bagian teknologi, Warren Buffett Berkshire Hathaway telah mengambil saham baru di Apple dan menaikkan kepemilikan sahamnya di IBM, menurut pengajuan Securities and Exchange Commission pada hari Senin. Saham baru Berkshire Apple mencapai 9,8 juta saham, sementara perusahaan meningkatkan sahamnya dari IBM dengan 198.853 menjadi 81.200.000 saham. Berita tersebut membantu sentimen di Eropa dan juga mendorong pemasok Apple.

Saham Dialog Semiconductor dan STMicro berdua diperdagangkan lebih tinggi.

Di sektor farmasi, kelompok pestisida Swiss Syngenta mengumumkan bahwa periode penawaran untuk tawaran pengambilalihan ChemChina ini telah diperpanjang karena sedang menunggu beberapa persetujuan pengaturan. Saham perusahaan Swiss turun 0,13 persen pada awal perdagangan.

Sementara itu, pembangun Inggris Taylor Wimpey adalah salah satu pemain terbaik setelah mengumumkan dividen khusus untuk investor menyusul pembaruan perdagangan positif. Dan Premier Foods melaporkan kenaikan penjualan kuartal keempat.

Bank-bank Italia mendapat dukungan dari pasar pada hari Selasa setelah beberapa berita positif dari sektor ini. Saham Unicredit rally setelah koran Il Sole 24 Ore melaporkan bahwa pemegang saham atas bank bertemu untuk membahas pengganti yang memungkinkan untuk kepala eksekutif Federico Ghizzoni.

Banco Popolare dan Banca Popolare di Milano mengatakan mereka akan memotong 1.800 pekerjaan dan menutup 335 cabang sebelum 2020 setelah mereka bergabung akhir tahun ini. Saham kedua bank naik lebih tinggi.

Sore ini telah dirilis data perdagangan zona Eropa yang membukukan peningkatan surplus perdagangan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak positif merespon surplus perdagangan yang meningkat. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah yang dapat mempengaruhi pergerakan selanjutnya.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here