Eskpor NODX Singapura April Menyusut

305

Ekspor Singapura pada bulan April menyusut dari tahun sebelumnya untuk bulan kedua berturut-turut, meskipun laju kontraksi melambat dari tiga tahun terendah yang dicapai pada Maret.

Ekspor domestik non-minyak (NODX) turun 7,9 persen pada April dari tahun sebelumnya karena keduanya pengiriman elektronik dan non-elektronik jatuh, kata badan perdagangan International Enterprise Singapore, Selasa (17/05), sejalan dengan perkiraan median dalam survei Reuters dari 12 ekonom.

singapore-domestic-exports-of-non-oil-nodx-pctyoy (2)

Pada bulan Maret, penjualan di luar negeri merosot 15,7 persen pada tahunan, kinerja terburuk sejak Februari 2013, tergerus oleh pengiriman ke Tiongkok, Amerika Serikat dan Eropa.

Pada basis bulan ke bulan musiman disesuaikan, NODX meningkat sebesar 4,5 persen pada bulan April, setelah 0,1 persen pertumbuhan bulan sebelumnya, karena ekspansi penjualan non-elektronik dan pertumbuhan datar dalam pengiriman elektronik.

singapore-exports-of-non-oil-domestic-exports-of

Kenaikan tersebut,  bagaimanapun tidak akan menunjukkan stabilisasi berkelanjutan di ekspor, kata analis sebelum laporan. Aktivitas di pabrik-pabrik lokal menurun untuk bulan ke-10 berturut-turut pada bulan April, meskipun indeks manufaktur mencapai level tertinggi sejak Juni, dengan pesanan baru meningkat, sebuah survei menunjukkan awal bulan ini.

Secara tahunan, NODX ke semua 10 pasar Singapura, kecuali Uni Eropa (UE) dan Hong Kong, menurun pada bulan April. Kontributor terbesar untuk kontraksi adalah Taiwan, Korea Selatan dan Indonesia.

Lihat : Kurs Singapura Selasa Tidak Berdaya Lawan Rupiah

Terutama, pengiriman ke Uni Eropa – pasar ketiga NODX tertinggi Singapura – berayun ke 20,6 persen pada tahun meningkat pada bulan April dari 31,9 persen terjun pada bulan Maret. Penjualan ke Tiongkok – pasar utama Singapura – turun 7,4 persen, sedikit lebih dibandingkan 14 persen kontraksi pada bulan Maret.

Pengiriman elektronik kontraksi 7,4 persen pada bulan April, kurang dari 9,1 persen jatuh pada bulan sebelumnya. Penurunan ini terutama disebabkan oleh PC (-21,6 persen), bagian dari PC (-23,4 persen) dan IC (-3,4 persen).

Ekspor non-elektronik turun 8,1 persen setelah sen jatuh 18,0 per Maret. Penurunan ini dipimpin oleh struktur kapal & kapal (-94,3 persen), petrokimia (-16,7 persen) dan peralatan bagian teknik sipil (-54,0 persen).

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here